Mengintip Proses Kelahiran Nissan Navara di Thailand

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 18 Mar 2017 15:13 WIB
nissan
Mengintip Proses Kelahiran Nissan Navara di Thailand
Nissan Navara lahir dari pabrik Nissan Thailand. Nissan

Metrotvnews.com: Nissan Navara merupakan salah satu produk andalan Nissan secara global. Bahkan Nissan baru-baru ini memamerkan proses produksi mobil kabin ganda tersebut di dalam sebuah video berdurasi 5 menit 11 detik.

Dalam video berjudul Steel to Wheels: Bangkok's Navara, ditunjukan bagaimana Navara di buat. Mulai dari pencetakan body, pembuatan mesin, perakitan, hingga uji coba mobil untuk memastikan kualitasnya.

Proses pertama pembuatan mobil ber-body gambot ini dimulai dari menyiapkan bahan-bahan produksi seperti baja. Kemudian material tersebut di cetak sesuai dengan kebutuhan.

Setelah terbentuk, karyawan pabrik mulai menyatukan body satu per satu. Setelah terpasang semuanya, mobil pun masuk ke dalam tahap pengecetan.

Usai cat mengering, body mulai dipasangkan ke sasis. Disini sudah tersedia mesin, dan juga pemasangan alat-alat elektronik dan beragm fitur.

Salah satu bagian terpenting adalah pengecekan kualitas produksi. Pengecekan kualitas dilakukan beberapa tahap, mulai dari pengecekan manual oleh karyawan, dyno test, hingga uji jalan di proving ground.

Navara dilahirkan di pabrik Nissan Thailand sejak dua tahun lalu. Pabrik ini memasok rival dari Mitsubishi Triton untuk wilayah Asia dan Oceania, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

Hasil produksi Navara dari pabrik ini menyumbang 57,6 persen dari ekspor Thailand. kemudian mobil ini juga menjadi model terlaris di Thailand, Filipina, dan Australia.

Navara di Indonesia di jajakan dalam tiga varian, yakni 2.5 SL M/T, 2.5 VL M/T, dan 2.5 VL A/T. Konsumen Indonesia bisa membeli mobil ini dengan harga mulai dari Rp380 juta hingga Rp430 juta.

Ingin lihat seperti apa proses produksi Navara?


(GUS)