Industri Otomotif

Stok Komponen Habis, Tiga Pabrik BMW Stop Produksi

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 30 May 2017 09:00 WIB
bmw
Stok Komponen Habis, Tiga Pabrik BMW Stop Produksi
Pabrik BMW di Jerman, Tiongkok dan Afrika Selatan stop produksi. Autoevolution

Metrotvnews.com: BMW menghentikan sementara produksi mobil di ketiga pabriknya yang berada di Jerman, Tiongkok dan Afrika Selatan. Kondisi ini terjadi karena brand asal Jerman itu disebut mengalami kekurangan pasokan komponen.

Dikutip dari Autoevolution, penghentian produksi ini terkait pemasok suku cadang asal Italia yang tidak dapat mengirimkan komponen yang dibutuhkan tepat waktu. Akibatnya pabrik BMW yang berlokasi di Leipzig, Munich, Jerman, harus tutup sementara pada Jumat (26/5/2017).

Menurut laporan media lokal, sebagian perusahaan pemasok komponen BMW tidak bersedia dimintai keterangan terkait kekurangan pasokan suku cadang. Bahkan, para petinggi perusahaan tersebut menolak menyebutkan komponen jenis apa saja yang tidak tersedia, dari mana asalnya, dan nama perusahaan yang memasoknya.

Belum jelas kapan pabrikan mobil Jerman tersebut akan dapat memulai kembali produksinya. Kemungkinan besar penghentian ini berdampak terhadap jajaran produk dari 1-Series melalui model Seri 4. 

Bicara soal kerugian yang disebabkan karena penghentian produksi, BMW belum mau memberikan perkiraan nilai atau besaran jumlahnya. Dijelaskan, yang terpenting saat ini adalah tentang strategi perusahaan untuk bisa melanjutkan produksi dengan menyesuaikan pasokan suku cadang yang ada saat ini. 

Sekarang BMW sedang berupaya mencari solusi untuk masalah ini, dengan kemungkinan melibatkan pemasok baru, atau perusahaan alternatif yang dapat menyediakan dan pembuatan suku cadang lebih cepat, daripada perusahaan Italia yang dilaporkan menjadi penyebab utama masalah ini.


(UDA)