Mobi Baru

Australia Keranjingan Model SUV

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 24 Jul 2017 09:40 WIB
industri otomotif
Australia Keranjingan Model SUV
Masyarakat Australia tergila-gila dengan model SUV. Autoguide

Metrotvnews.com: Pasar sport utility vehicle (SUV) saat ini terbilang cukup bagus. Keranjingan akan model ini pun tidak hanya terjadi di pasar otomotif tanah air. Australia bahkan jadi salah satu negara yang masyarakatnya melakukan migrasi dari model sedan ke SUV.

Dikutip dari Autoguide, selama 2016, Australia melihat bayi baru lahir setiap 1 menit dan 41 detik. Sementara SUV baru terjual setiap 1 menit dan 10 detik, berarti untuk pertama kalinya, SUV telah melampaui penjualan sedan di Australia pada tahun kemarin.

Sepuluh tahun yang lalu, SUV hanya mewakili 20 persen pasar Australia, dengan 171.000 kendaraan utilitas yang terjual. Dan mobil yang saat itu menguasai jalan-jalan Australia adalah sedan bermesin V8 seperti Holden Commodore dan Ford Falcon.

Namun akhir 2016, orang Australia telah memborong 441.000 SUV, yang secara efektif melipatgandakan ukuran segmen dan menyumbang hampir 40 persen dari semua mobil yang terjual di bawahnya. "SUV lebih populer dari sebelumnya dan segmennya terus tumbuh," kata Holden’s Director of Communications, Sean Poppitt.

Akibatnya, Holden harus mengimpor dua model yang terkenal di Amerika Utara, yaitu Chevrolet Equinox dan GMC Acadia. "Dulu SUV dilihat hanya sebagai mobil 'soccer mum' biasa, atau untuk Outback off-road adventure saja, kini hal itu tidak lagi terjadi," Poppitt menambahkan.

"Kami sudah memiliki SUV kecil yang bergaya, Trax dan Trailblazer 4 × 4 yang tangguh dan kokoh, tujuh kursi, dan mereka akan segera bergabung dengan Equinox berteknologi tinggi, dan Acadia yang mewah. Acadia, khususnya, akan menambahkan beberapa ketangguhan nyata Amerika ke showroom Holden.

"Equinox dan Acadia adalah game-changer untuk Holden dan segmennya. Mereka tidak hanya memiliki fitur berteknologi tinggi seperti pengisian telepon nirkabel, kursi berpemanas dan berpendingin serta kemampuan untuk parkir sendiri, juga bagus untuk dikendarai dan model yang enak dilihat."

Holden kini berambisi untuk menyuguhkan SUV guna mengulang kesuksesan sedannya sepuluh tahun lalu di Australia, karena model sedan telah turun 18,5 persen pada Juni 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. "Australia bisa mendapatkan Equinox baru pada Desember 2017, sementara Acadia akan sampai 2018."


(UDA)