Teknologi Otomotif

Mengenal Beragam Jenis Mesin Hybrid

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 21 Aug 2017 13:19 WIB
teknologi otomotif
Mengenal Beragam Jenis Mesin Hybrid
Toyota Prius jadi lambang teknologi hybrid dari Toyota. Carpreview

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyelenggaraan pameran otomotif dengan level dunia, membuat para peserta pameran cukup antusias. Apalagi kalau penguatan temanya adalah ajang pamer teknologi terkini para brand otomotif dunia. Seperti yang baru-baru ini berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

Dalam gelaran GIIAS 2017 kemarin, Toyota memboyong mobil hybrid yakni C-HR, Prius dan Alphard Hybrid. Mobil dengan mesin hybrid memadukan tenaga penggerak dari mesin bakar dengan motor listrik.

Namun mesin hybrid sendiri ada jenis-jenisnya, meski tujuannya satu yakni untuk efisiensi bahan bakar. Kemudian benefit lainnya lebih ramah lingkungan, suara lebih halus, torsi instan dan banyak lagi. Ghandi Ahimsa Putra, Product Knowledge PT Toyota Astra Motor menjelaskan, setidaknya ada empat jenis mesin hybrid. Berikut ulasannya.

Mild Hybrid
"Ada baterai yang membantu mesin tapi kapasitasnya tidak besar, namun tidak bisa menggerakkan mobil, tetap mesin yang mampu menggerakkan mobil," kata Gandhi. Ini persis seperti milik Suzuki Ertiga diesel hybrid, yang menggunakan jenis ini.

Full Hybrid
Baterai punya kapasitas yang lebih besar, mobil bisa bergerak hanya dengan tenaga listrik saja. "Mesinnya membantu saat akselerasi atau jalan tanjakan," ujar Gandhi beberapa waktu lalu.

Plug In Hybrid
Jenis ini memiliki kapasitas baterai ebsar, bedanya pada cara pengisian daya baterai. Kalau full hybrid, pengisian dadya dibantu mesin, kalau plug in hybrid, maka baterai bisa habis dan diisi ulang lewat.

Sport Hybrid
Selain pabrikan berlomba-lomba menciptakan mobil hybrid yang ramah lingkungan, mereka juga membuat mobil sport yang ramah lingkungan dengan mesin hybrid. "Ini memberikan image hybrid tak cuma ramah lingkungan tapi juga bisa ngebut," jelasnya.


(UDA)