Teknologi Otomotif

Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai Mobil Tanpa Supir

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 30 Aug 2017 13:22 WIB
ford
Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai Mobil Tanpa Supir
Ford Fusion Hybrid disulap jadi mobil otonom pengantar pizza. Autoblog

Metrotvnews.com: Mobil tanpa supir saat ini mulai banyak dikembangkan sejumlah pabrikan mobil ternama. Teknologi itu pun bisa dimanfaatkan tak hanya sebagai alat transportasi, tapi juga sebagai jasa antar barang.

Contohnya kolaborasi Domino Pizza dengan Ford di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat. Pizza pesanan konsumen diantarkan langsung menuju rumah pemesan menggunakan mobil tanpa supir ini berbasis Ford Fusion Hybrid.

Program ini memang masih uji coba, konsumen akan diminta persetujuannya jika pizza pesanannya boleh diantar mobil tanpa supir. Konsumen pun harus menggunakan aplikasi Domina Pizza, yang dilengkapi dengan pelacak posisi pizza pesanannya.

Jika mobil sudah tiba di rumah pemesan, maka akan ada kode khusus yang harus dimasukkan konsumen, jika sudah maka jendela belakang akan terbuka dan pizza pesanan bisa diambil. Bagian belakang mobil dikhususkan untuk membawa pizza, dan dilengkapi penghangat.

Meski tanpa supir, sebenarnya tetap ada orang yang bertugas di dalam mobil tersebut sebagai teknisi dan duduk dijok pengemudi. Baik Ford dan Domino Pizza sebelumnya menguji mobil ini di sekitaran kampus Michigan, sebagai simulasi kondisi jalanan urban.

Tujuan utama dari program ini, untuk melihat reaksi konsumen saat berinteraksi dengan mobil tanpa supir, sebagai bagian dari layanan pesan antar. Tapi ada sisi negatifnya, tak ada lagi interaksi antara konsumen dan pengantar pizza, mereka pun bisa kehilangan uang tips bahkan pekerjaan.


(UDA)