Industri Otomotif

Toyota Calya Tak Terbendung Kuasai Segmen LCGC

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 30 Aug 2017 11:53 WIB
toyota
Toyota Calya Tak Terbendung Kuasai Segmen LCGC
Toyota Calya unggul jauh dari kompetitor dikelas LCGC. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Segmen mobil low cost green car (LCGC) jadi kelas first buyer bagi konsumen yang sebelumnya menggunakan sepeda motor, dan membeli mobil pertamanya. Di awal, segmen ini hanya tersedia mobil jenis hatchback, lalu muncul MPV LCGC.

Meski beda jenis, Gaikindo tetap menyatukan semuanya dalam kelas LCGC. Toyota Calya jadi penguasa segmen ini. LCGC yang mampu menampung tujuh penumpang ini jadi opsi baru setelah beberapa tahun sebelumnya hanya disuguhkan LCGC jenis hatchback.

Dari data Gaikindo pula, sepanjang 2017 ini Calya sudah terdistribusi hingga 46.167 unit. Honda Brio Satya mampu menguntit di belakangnya, dengan total 23.430 unit. nyaris dua kali lipat lebih sedikit dari Calya.

Daihatsu Sigra yang jadi kembaran Calya mampu terkirim sebanyak 22.820 unit dalam periode Januari-Juli. Sigra dikejar saudara kandungnya, Daihatsu Ayla dengan 20.151, lalu Toyota Agya 19.643 unit.

Sedangkan tiga pemain lainnya yakni Suzuki Wagon R, serta Datsun Go dan Go+ tenggelam. Ketiganya hanya terdistribusi ratusan unit tiap bulannya, jika dihitung sepanjang tahun maka angkanya 3.510 unit (Wagon R), 2.454 unit (Go) dan 3.326 unit (Go+).

Tiga terakhir memang relatif belum mendapatkan penyegaran tampilan, sehingga bisa jadi inilah salah satu sebab ketiganya tak berkutit melawan kompetitor-kompetitornya.


(UDA)