Industri Otomotif

Nissan Resmi Memecat Carlos Ghosn

Ekawan Raharja    •    Jumat, 23 Nov 2018 09:17 WIB
mitsubishiindustri otomotifnissanrenault
Nissan Resmi Memecat Carlos Ghosn
Carlos Ghosn ditangkap kepolisian Jepang karena masalah kecurangan pelaporan keuangan. AFP

Yokohama: Nissan resmi memecat Carlos Ghosn dari kursi chairman. Hal ini tidak terlepas dari kasus skandal pengecilan laporan pendapatan dan penggunaan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Dewan direksi Nissan menjelaskan mereka sudah resmi mencoret Ghosn dari kursi chairman. Selain itu mereka Senior Executive Greg Kelly juga dicoret karena ketahuan bersekongkol dengan Ghosn.

Dikutip dari BBC, langkah ini dinilai perlu dilakukan untuk menjaga kinerja aliansi Renult-Nissan-Mitsubishi. Mengingat keduanya hingga saat ini masih ditahan di Tokyo Jepang.

Sebagai gantinya, Chief Executive Officer Nissan, Hiroto Saikawa, akan menempati posisi chairman sementara. Dia pun berjanji untuk kembali menstabilkan situasi dan normalisasi operasi harian.

Pemecatan Ghosn tentu mengakhiri perjalanannya di Nissan hampir selama dua dekade. Perjalanan karirnya anti klimaks setelah menyelamatkan Nissan dari kebangkrutan menjadi perusahaan yang sehat, namun kini dia harus tersandung dengan kasus laporan pendapatannya.

Selanjutnya Mitsubishi dikabarkan akan membahas mengenai nasib Ghosn dalam beberapa minggu ini, mengingat dia juga menduduki posisi chairman. Sedangkan Dewan Direksi Renault sudah mengambil langkah dengan menunjukan deputy CEO untuk menjalankan perusahaan otomotif prancis tersebut.


(UDA)