Mobil Klasik

Chrysler ST Special 1955 Karya Seni Dua Negara

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 04 Jun 2018 09:12 WIB
mobil klasik
Chrysler ST Special 1955 Karya Seni Dua Negara
?Chrysler ST Special 1955. Carscoops

Amerika Serikat: Chrysler adalah sebuah perusahaan mobil Amerika Serikat (AS) yang didirikan pada 1925. Bermarkas di Auburn Hills, Michigan, perusahaan ini umumnya menghasilkan berbagai kendaraan macam sport maupun mewah.

Yang menarik adalah kolaborasi atau merger yang dilakukan antara Chrysler dengan produsen mobil Italia, Fiat, pada 1951 yang menghasilkan desain mobil yang cukup menakjubkan. 

Cerita dimulai ketika kepala desain Chrysler, Virgil Exner, menjalin kerja sama dengan coachbuilder Italia, Ghia, untuk memproduksi serangkaian mobil konsep. Kemitraan ini berlangsung selama beberapa tahun dan melahirkan beberapa desain yang agak spektakuler. 

Namun, adanya intervensi para importir Chrysler asal Prancis, Charles Ladouch, membuat mobil ini hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, dan tidak sampai ke jalanan.

Dikatakan, salah satu mobil yang paling langka dari Chryslers bertubuh Ghia adalah ST Special. Hanya empat yang dibuat untuk pelanggan Eropa yang kaya. Mereka didasarkan pada New Yorker, kombinasi terbaik dari dua negara, didukung oleh mesin Hemi V8 dan dibalut dengan lembaran logam yang sangat elegan.

Model contoh ini salah satu di antara bintang-bintang yang pernah mejeng di Turin Motor Show pada 1955, setelah itu dibeli oleh komposer Perancis, Oscar Lacroix, dan terdaftar di Paris. 

Mobil ini telah melewati beberapa kepemilikan, sampai akhirnya dibawa ke AS dan dipulihkan secara komprehensif, baik secara mekanis dan maupun aksesoris pada 2014.

Dihiasi dengan warna tembaga dan atap berwarna gading dengan interior kulit two-tone (dua nada), Chrysler ST Special 1955 persembahan Ghia ini akan menjadi salah satu highlights dari lelang RM Sotheby di Monterey, Agustus mendatang.


(UDA)