Industri Otomotif

Tata Motors Suntik Mati Mobil Mungil Nano

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 14 Jul 2018 13:57 WIB
industri otomotiftata motors
Tata Motors Suntik Mati Mobil Mungil Nano
Nano, mobil murah India buatan Tata Motors. Caranddriver

India: Tata Motors mengumumkan bakal menghentikan pruduksi Nano. Padahal Nano yang hadir sejak 2008 itu telah turut meramaikan industri otomotif segmen mobil bermesin kecil di India, dan diklaim sebagai mobil termurah di dunia.  

Tim R&D Tata mendesain Nano sebagai kendaraan alternatif pengganti sepeda motor dan becak, yang penggunaannya namun memiliki yang harga relatif murah.

Tak lama setelah peluncuran di negara asalnya, India, Nano sempat menuai kritik karena dianggap tidak menerapkan standar keamanan yang layak seperti mobil pada umunya. Bahkan beberapa model disebut ada yang mengalami kebakaran. 

Karena menyesuaikan dengan harga yang murah, Nano menawarkan versi yang tidak dilengkapi dengan liftgate dan tidak ada AC, serta sistem pengereman masih menggunakan rem drum.

Saat ini Tata Nano ditenagai oleh mesin dua silinder 624 cc. Mesin yang materialnya terbuat dari aluminium tersebut menggunakan sistem multi-point injection Bosch. 

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 4-speed dengan overdrive di gigi ke-4, yang diklaim mampu menghasilkan output 38 daya kuda dengan torsi maksimal 52 Nm, pada 3500 hingga 4500 rpm. Untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam, mobil berukuran imut ini meraihnya dalam tempo 12,6 detik. 


(UDA)