Pernik Otomotif

Mazda Bikin Sepeda dan Sofa Pakai Filosofi Mobil

Nurtjahyadi    •    Selasa, 14 Apr 2015 22:14 WIB
oto aksesoris
Mazda Bikin Sepeda dan Sofa Pakai Filosofi Mobil
Filosofi desain KODO Motion of Soul dari Mazda, tampak di ragam pernik yang diluncurkan Mazda. Salah satunya melalui sepeda balap ini. Mazda

Metrotvnews.com, Jakarta: Di acara 'Mazda Design: The Car as Art' di Kota Milan Italia, Mazda Motor Corporation mempersembahkan dua karya seni berupa 'Bike by KODO concept' dan 'Sofa by KODO concept'. Konsep rancangan sepeda dan sofa yang terinspirasi oleh desain KODO khas Mazda.

Selama bertahun-tahun Mazda telah mempertahankan konsistensinya dalam merepresentasikan dinamisme sebuah gerakan di setiap desain produk Mazda.

Dengan tema desain KODO–Soul of Motion, produk-produk generasi terbaru Mazda mengekspresikan kekuatan sebuah gerakan layaknya gerakan binatang yang sedang melaju kencang di alam bebas.

'Bike by KODO concept' berupa rancangan sepeda balap yang mengekspresikan keindahan alaminya. Struktur minimalisnya dibangun dengan menggunakan jumlah komponen yang seminim mungkin.

Kerangkanya dibentuk secara cermat dengan menempa satu persatu lembaran baja. Pelana kulit hitam hasil jahitan tangan menampilkan keseragaman pola benang dan jahitan warna merah yang serupa dengan desain All-New Mazda MX-5.

Gabungan unsur dinamisme dan daya tarik yang terdapat pada rancangan sepeda ini juga mengingatkan kepada rancangan dari Mazda MX-5.

Sedangkan rancangan dari 'Sofa by KODO Concept' merupakan kolaborasi karya dari desainer Mazda dan perancang furnitur dari Italia, yang memadukan keindahan desain Mazda dengan kepekaan yang halus serta keahlian khas Italia pada karya furniturnya.

Desain sofa ini terlihat tegap seperti desain All New Mazda CX-3 yang juga membangkitkan nuansa sebuah sikap dan posisi kuat yang juga terlihat di seluruh desain produk-produk generasi terbaru Mazda.

Karya seni lain yang dibawa Mazda adalah KODOKI, yaitu sebuah alat pendingin air anggur yang terbuat dari selembar tembaga, hasil karya studio seni logam yang terkenal di Jepang, Gyokusendo. Ada juga SHIRAITO, sebuah kotak tradisional karya Kinjo-Ikkousai, mengekspresikan fenomena kekayaan alam dengan teknik unik.

"Dalam beberapa tahun ke belakang, desain telah menjadi hal yang paling mendasar dalam menentukan jati diri kami yang menambahkan nilai artistik ke dalam nilai-nilai serta pengalaman yang dirasakan bersama brand Mazda," ujar Masahiro Moro, selaku Managing Executive Officer Mazda Jepang, in charge of Global Marketing, Customer Service and Sales Innovation di Mazda.


(UDA)