Safety Car

Safety Car MotoGP 2018, Tetap Pakai BMW M5

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 31 Oct 2017 16:07 WIB
bmw
<i>Safety Car</i> MotoGP 2018, Tetap Pakai BMW M5
BMW M5 F90 siap kawal pembalap MotoGP tahun depan. Paultan

Metrotvnews.com: Meski tak menjadi salah satu peserta sebagai tim, BMW sudah menjadi partner penyelenggara MotoGP sejak lama. Produk pabrikan Jerman itu digunakan sebagai safety car dan safety bike.

Khusus untuk safety car, BMW menyodorkan mobil-mobil performa tinggi miliknya. Untuk musim balap 2018, BMW sudah menyiapkan safety car baru berbasis BMW M5 dengan kode bodi F90.

Safety car ini akan mulai ditampilkan pada seri penutup musim 2017 di Valencia pertengahan November mendatang. Mobil ini dilabur warna putih, merah, biru, dengan tulisan safety car besar di tiap sisi. Terdapat pula lampu rotator warna biru pada atap mobil.

Dari sisi mekanikal, mobil ini dibekali mesin 4.400 cc turbo ganda berkonfigurasi V8. Output tenaganya mencapai 600 daya kuda, dengan torsi 750 Nm. Mesin ini berpadu dengan transmisi otomatis delapan percepatan M Steptronic.

Output tenaga dan torsi disalurkan menuju empat roda dengan sistem penggerak xDrive. Akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh hanya dengan 3,4 detik saja. Cukup cepat untuk mengawal balap motor prototipe di tiap serinya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan M Performance Parts mulai dari side sills, diffuser, spoiler, kidney grille, komponen berbahan serat karbon lainnya. Knalpot mobil ini juga terbuat dari titanium, dan jok pakai mobil bucked milik M4 GTS.


(UDA)