Mobil Bekas

Pilihan Mobil Hatcback Bekas Akhir 2017

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 07 Dec 2017 08:13 WIB
mobil bekas
Pilihan Mobil Hatcback Bekas Akhir 2017
Mobil jenis hatchback bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang mencari kendaraan baru di akhir tahun. PakWheels

Jakarta: Jika Anda berharap membeli mobil baru untuk dipakai liburan akhir tahun cukup besar, saat ini rasanya sudah cukup riskan. Lamanya pengurusan surat-surat resmi kendaraan dan daftar antrean yang banyak, memungkinkan Anda bakal mendapatkan kelengkapan surat resminya paling cepat pertengahan Januari. Kalau begini, solusinya adalah membeli mobil bekas untuk libur akhir tahun.

Mobil di segmen hatchbak pun banyak jadi pilihan. Dimensinya yang kompak dan lincah untuk dibawa menembus kemacetan ibu kota membuat mobil jenis hatchback banyak dipilih kaum urban. Kehadirannya di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri, bahkan populasinyadi jalan raya kian hari kian bertambah.

Tak heran jika model hatchback yang berusia di bawah sepuluh tahun pun tetap menjadi idola sebagian orang, terutama bagi sebagian masyarakat yang biasanya memanfaatkan momen akhir tahun untuk membeli mobil. 

“Selain harganya terjangkau, kondisi dan tampilan hatchback bekas masih layak untuk dipakai buat segala suasana,” kata Arif seorang calon pembeli, saat ditemui di showroom mobil bekas di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Namanya mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun, pastinya butuh kejelian lebih sebelum meminangnya. Misalnya, pengecekan pada sistem pendingin mesin, sirkulasi oli, temperatur mesin, bagian-bagian bodi dan beberapa lagi lainnya. Lantaran kondisi perkotaan yang biasanya macet dan panas membuat mesin yang jarang dirawat rentan overheat.

"Untuk mobil hatchback di bawah sepuluh tahun, komponen yang harus dipehatikan karena usia pakai adalah motor fan, kampas kopling untuk manual, untuk transmisi automatic biasanya selenoidnya sudah lemah," beber Fahmi, pemilik bengkel mobil di bilangan Bekasi Timus, Jawa Barat. 

Tetap perhatikan kondisi mobil bekas yang hendak Anda beli, jangan terburu-buru, lakukan pengecekan dan pengetesan berjalan. Teliti sebelum membeli.

Harga mobil Hatchback di bawah sepuluh tahun
Suzuki Swift: RP95 jutaan
Honda Jazz: Rp120 jutaan
Toyota Yaris: Rp100 jutaan
Mazda2: Rp90 jutaan

*Harga tergantung kondisi, diolah dari berbagi sumber.


(UDA)