Pasar Mobil Bekas

Proyeksi Mobil Bekas di 2018 Masih Cerah

Ekawan Raharja    •    Kamis, 14 Dec 2017 10:22 WIB
tips dan trik teknologimobil bekas
Proyeksi Mobil Bekas di 2018 Masih Cerah
Mobil bekas diprediksi masih sangat sexi di pasar otomotif nasional tahun depan. Dok MTVN

Jakarta: 2017 akan segera berakhir dalam beberapa hari ke depan. Beberapa perusahaan tentu sudah mempersiapkan proyeksi untuk 2018, termasuk para pemain pasar mobil bekas.

Seperti belimobilgue.co.id yang optimis pasar mobil bekas tetap seksi di 2018. Mengingat penjualan mobil baru juga tetap tinggi, dan diprediksi penjualan mobil bekas lebih tinggi.

"Data dari Gaikindo penjualan masih tinggi. Kalau Gaikindo mencatat mobil baru dalam setahun, mobil bekas tentu akan lebih besar karena ada akumulasi dari mobil-mobil produksi tahun-tahun sebelumnya," ujar VP Acquisition belimobilgue.co.id, Alexander Alvin, Rabu (13/12/2017) di Fairmont.

Alex mengambil contoh pasar mobil bekas di Jakarta dan sekitar, mengklaim perputaran penjualan dalam satu tahun mencapai ratusan ribu unit. Pria energik ini juga menargetkan situs mereka dapat menyumbang sekitar 1-2 persen pasar mobil bekas di Jabodetabek dan sekitar.

Menyoal daya beli masyarakat Indonesia yang sedang turun, dia juga tidak khawatir. Menurutnya itu malah menjadi peluang bagi pasar mobil bekas.

"Bisa jadi akibat penurunan daya beli ini membuat masyarakat berpeluang untuk membeli mobil bekas. Jika awalnya mau membeli mobil baru, kamudian mereka bisa beralih ke mobil bekas."

Menurut data yang jadi acuan mereka, mencatat penjualan mobil bekas di 2017 mayoritas berada di rentang harga Rp50 sampai Rp200 juta. Dengan harga ini, pembeli mobil bekas bisa mendapatkan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Toyota Calya, Datsun Go, dan beberapa mobil lainnya.


(UDA)