Industri Otomotif,

Rencana Mobil Listrik Mazda di 2030

Ekawan Raharja    •    Jumat, 19 Oct 2018 08:00 WIB
mazdaindustri otomotif
Rencana Mobil Listrik Mazda di 2030
Seluruh lini produk Mazda di 2030 sudah sepenuhnya berbasis listrik. Mazda

Tokyo: Hampir semua pabrikan mobil sudah mempersiapkan langkah mereka menuju era mobil listrik. Bahkan Mazda juga mengumumkan untuk mobil listrik pada 2030.

Tidak cuma satu atau dua unit saja, Mazda berencana semua lini produknya akan menggunakan teknologi mobil listrik. Lima persen diantaranya ditargetkan mobil full berpenggerak energi listrik.

"Pada 2030, Mazda mengharapkan mesin pembakaran internal, dikombinasikan dengan beberapa bentuk elektrifikasi akan mencapai 95 persen dari kendaraan yang dihasilkannya dan kendaraan listrik baterai akan mencapai 5 persen," tulis pernyataan resmi Mazda.

Reuters menuliskan pabrikan asal Jepang ini akan bekerja sama dengan produsen mobil lainnya untuk memuluskan rencana ini. Sehingga kedepannya akan melahirkan semakin banyak mobil-mobil berteknologi hybrid, plug-in hybrid, dan full listrik untuk mengurangi emisi.

Rival Nissan ini berencana memasarkan all-battery mobil listrik pada 2020. Kemudian mereka juga mengungkapkan mengembangkan dua baterai mobil listrik, satu yang akan didukung sepenuhnya oleh baterai dan yang lain akan memasangkan baterai dengan rentang extender yang didukung mesin putar mobil.

Selain Mazda, sebut saja Nissan dan Volkswagen juga sudah memamerkan visi mereka mengenai mobil listrik di era mendatang. Tak pelak, di masa depan semua mobil yang ada di muka bumi ini akan berbasis energi listrik.


(UDA)