Gas In Flat Out Vol.3, Hidupkan Autocross Tanah Air

Ekawan Raharja    •    Selasa, 30 Aug 2016 10:12 WIB
balap mobil
Gas In Flat Out Vol.3, Hidupkan Autocross Tanah Air
Gas In Flat Out Vol.3 ramaikan even Autocross di tanah air. Pertamina

Metrotvnews.com, BSD City: Kegiatan autocross di Indonesia mungkin masih belum terkenal seperti halnya gymkhana atau slalom di tanah air. Namun hal ini tidak menyurutkan sebagian kalangan untuk menggelar kegiatan autocross di Indonesia.

Gas In Flat Out Vol.3 yang diselenggarakan Pertamina dan Goodrides, menyajikan kegiatan autocross Minggu (28/8/2016) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan. Tercatat hampir 50 mobil bermesin turbocharger dan ratusan partisipan ikut serta di ajang ini.

"Autocross memang jadi hal yang baru di Indonesia, berbeda dengan gymkhana atau slalom. Dengan terselenggaranya Gas In Flat Out Vol.3, saya berharap dapat menumbuhkan bibit-bibit baru dalam cabang motorsport ini," ujar drifter profesional, Dean Zean, melalui keterangan resminya.

Gas In Flat Out Vol.3 mempertandingkan tiga kelas yaknik front wheel drive (FWD), rear wheel drive (RWD), serta all wheel drive (AWD). Mereka harus melintasi lintasan berkarakter high speed yang sudah disiapkan dengan menggunakan cone.

Autocross merupakan jenis cabang motorsport yang menggunakan waktu dan kehandalan melewati lintasan sebagai acuan penilaian utama. Dengan  menggunakan lapangan terbuka, lintasan dibentuk menggunakan cone dan peserta dituntut melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone.

Berbeda dengan gymkhana dan slalom yang mengasah ketangkasan driver meliuk-liukan kendaraan untuk memutari cone, layout track autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver untuk menarik hand brake atau melakukan sliding.

Daftar Pemenang Gas In Flat Out Vol.3
Juara Umum: Regi Fiandisa (Subaru Impreza WRX STI)
Best RWD: Evan Shih (BMW E36)
Best FWD: Ananto Budi Prabowo (Honda Jazz)
Best AWD: Ahmad Fadillah Alam (Subaru Impreza WRX STI)


(UDA)