Industri Otomotif

Pabrik Mazda di Malaysia Kini Produksi CX-5

Ekawan Raharja    •    Jumat, 29 Sep 2017 10:23 WIB
mazda
Pabrik Mazda di Malaysia Kini Produksi CX-5
Mazda CX-5 yang ada di Indonesia saat ini masih dipasok dari Jepang. Mazda

Metrotvnews.com, Malaysia: Selama ini Mazda CX-5 masih menjalani proses produksi di pabrik Mazda Jepang. Tetapi kini mobil sport utilty vehicle (SUV) tersebut juga mulai diproduksi di Malaysia.

Mazda Motor Corporation harus menyuntik investasi tambahan senilai JPY2,3 miliar atau setara dengan Rp275 miliar. Dana tersebut diperuntukan penambahan fasilitas pengecekan dan pengelasan bodi, sesuai dengan standar teknologi pabrik Mazda di Ujina dan Hofu Jepang.

Itu dilakukan Mazda lantaran mereka memiliki dua warna khusus yang menjadi signature colour mereka yakni Soul Red Crystal dan Mechine Gray. Bahkan untuk pembelian kedua CX-5 dengan warna tersebut, harganya yang dipasarkan berbeda dengan warna-warna lainnya.

Menurut The Sun Daily, pabrik Mazda di Malaysia juga akan menjadi basis produksi global untuk CX-5. Bahkan mereka sudah membidik pasar Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Myanmar sebagai tujuan ekspor.

President Mazda Malaysia Sdn Bhd, Shinji Sakatani, menjelaskan Mazda CX-5 sudah mulai diproduksi pada akhir Agustus 2017 silam. Ia mengklaim hasil produksinya sudah dapat diekspor mulai bulan depan.

Jika benar CX-5 yang ada di Indonesia bakal dipasok dari Indonesia, maka bisa jadi harganya lebih murah. Hal ini karena pajak yang lebih murah dan tentu ongkos kirim yang lebih murah pula.


(UDA)