Penjualan Mobil

Praktik Jual-Beli Mobil Online Meningkat Jelang Lebaran

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 21 Apr 2017 08:55 WIB
mobil bekas
Praktik Jual-Beli Mobil Online Meningkat Jelang Lebaran
Banyak yang beli untuk kemudian dijual kembali usai Lebaran. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap menjelang Lebaran, penjualan mobil akan meningkat. Masyarakat banyak membeli mobil untuk dipakai pulang kampung bersama keluarga. 

Hal itu juga berlaku pada situs jual-beli online, yang sudah terlihat peningkatan traffic kunjungan situs serta jumlah listingan (postingan) sejak masa ramadhan hingga setelah Lebaran.

"Listing dan traksaksi meningkat antara 12-13 persen dibandingkan bulan-bulan lainnya. Peningkatan penjualan juga terjadi setelah Lebaran," papar CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa beberapa waktu lalu.

Menurut Daniel hal ini tejadi karena banyak orang berpikir beli mobil dua minggu sebelum Lebaran, nanti setelah Lebaran dijual lagi. Biaya yang dikeluarkan lebih hemat ketimbang menyewa mobil untuk dipakai mudik.

"Misalnya seseorang beli mobil Rp100 juta dua pekan sebelum Lebaran. Kemudian dua pekan setelah Lebaran dia jual lagi mobil itu dengan harga Rp95 juta, artinya dia kehilangan Rp5 juta untuk 'sewa' mobil empat minggu," kata Daniel lagi.

Tentu saja itu hanya hitung-hitungan kasar, diluar penggantian part jika ada, maupun biaya balik nama dan biaya lainnya, namun pola seperti ini terjadi setiap tahunnya. 


(UDA)