Industri Otomotif

Perkuat Bisnis di Jateng, Toyota Gaet Puluhan UKM

Mustholih    •    Selasa, 11 Jul 2017 18:00 WIB
toyota
Perkuat Bisnis di Jateng, Toyota Gaet Puluhan UKM
Toyota memandang pasar Jawa Tengah sangat potensial. Dok MTVN

Metrotvnews.com, Semarang: Toyota Motor Manufacturing Indonesia melirik Jawa Tengah sebagai ladang ekspansi bisnis baru. Industri otomotif raksasa asal Jepang tersebut, melihat pasar di Jawa Tengah cukup potensial.

Sebanyak 92 pelaku usaha kecil menengah (UKM) otomotif di Klaten dan Tegal, Jawa Tengah, bakal digaet untuk merealisasikan ekspansi bisnis Toyota.

"Gubernur saat ini konsentrasi di dua area tersebut. Kami akan melakukan penguatan enterprise serta vokasi pengembangan area otomotif di Ceper (Klaten) dan Tegal," kata President Director TMMI, Warih Andang Tjahjono, usai bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di kantornya, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 11 Juli 2017.

Rencananya, dalam waktu dekat Toyota Indonesia akan menyambangi satu per satu sentra otomotif di Klaten dan Tegal. Warih menuturkan Ganjar UKM otomotif di Jateng dilibatkan dalam jaringan industri skala nasional.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menerima kunjungan Toyota Indonesia di ruang dinas.

"Kami akan mengembangkan pengolahan produksi yang bagus dan melakukan pendampingan bagi sumber daya manusianya. tiga orang di masing-masing UKM nantinya direkrut untuk dibekali training di Jakarta," ujar Warih menambahkan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyambut baik dengan rencana Toyota tersebut. Dia berharap apm tersebut mampu memaksimalkan produk lokal UKM otomotif di Klaten dan Jateng.

"Mudah-mudahan mampu kesejahteraan pelaku UKM. Selain itu, nita punya tiga SMK yang mampu menghasilkan lulusan terbaik. Buktinya, sebanyak 70 persen di antaranya sudah diserap perusahaan nasional," tegas Ganjar.


(UDA)