Paris Motor Show 2016

VW 'Back to Basic' dengan I.D. Concept

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 14 Oct 2016 14:45 WIB
pameran mobil dieselgate
VW '<i>Back to Basic</i>' dengan I.D. Concept
Penampilan perdana Volkwagen I.D. Concep di Paris Motor Show 2016. (motortrend.com)

Metrotvnews.com, Paris: Volkwagen sedang bergegas menghapus noda #dieselgate yang mencoreng reputasinya. Raksasa otomotif dari Jerman ini pun berharap banyak dari line-up kendaraan listrik andalannya, I.D. Concept.

"Kami ingin menjadi pemimpin dunia dalam e-mobility. Menjadi yang pertama menghasilkan lebih dari satu juta mobil listrik," kata bos baru VW e-mobility Christian Senger, di Paris Motor Show 2016 sebagaimana ditulis motortrend.com

Di dalam ajang pameran otomotif yang digelar di Paris, Prancis, Volkwagen memperkenalkan I.D. Concept. Sosok mobil listrik mungil ini tidak terlalu sporty khas mobil listrik yang dilahirkan produsen lain. Wajahnya bahkan cenderung retro terhadap VW Beetle yang ikonik.



Tapi bukan cuma itu yang I.D. Concept tawarkan kepada dunia. "Harganya terjangkau bagi kebanyakan masyarakat," ujar Senger yang sebenarnya menegaskan arti dan semangat dasar pendiran Volkwagen pada 1937 silam, mobil rakyat.

Salah satu upaya menekan harga mengurangi bahan baku eksotis seperti serat karbon berteknologi tinggi yang seolah wajib ada bagi semua mobil listrik. Sebagai gantinya I.D. Concept yang dijadwalkan dipasarkan mulai 2020 ini tetap menggunakan baja atau almunium dengan rekayasa cerdas desain dan konstruksi.


Berikutnya adalah penggunaaan baterai yang dapat dicopot dan diganti dengan mudah oleh pemilik mobil. Selama ini mobil listrik menggunakan baterai terintegrasi layaknya smartphone. Akibatnya ketika baterai rusak, maka mobil listrik dengan sendirinya tidak bisa dipakai.

Baterai lithium-ion yang akan dipasok dari Tiongkok itu mampu memasok tenaga hingga sejauh 600 kilometer untuk sekali isi. Bahkan motor listriknya akan menghasilkan 168 tenaga kuda yang bisa melejitkan mobil berpenggerak roda belakang ini dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8 detik.



Sebagai kendaraan bagi generasi millenial, berbagai fitur I.D. Concept juga bisa diatur melalui aplikasi di smartphone. Tidak ketinggalan fitur memantau kondisi lalu lintasdalam radius beberapa kilometer untuk mencari jalur alternatif menghindari kemacetan.

Paling seru adalah system autonomous alias swa kemudi. Ketika fitur ini diaktifkan, roda kemudinya akan 'tenggelam' ke dalam panel dashboard. Bahkan dalam mode ini Anda bisa tidur sepanjang jalan hingga tiba di tujuan.



 


(LHE)