Mobil Listrik

Toyota Prius Prime akan Dibekali Baterei Jumbo

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 25 Nov 2016 13:39 WIB
mobil listrik
Toyota Prius Prime akan Dibekali Baterei Jumbo
Logo plug-in hybrid di prototype Primus Prime Concept yang dipamerkan Toyota. (Reuters)

Metrotvnews.com, Tokyo: Hampir semua produsen kini mengembangkan kendaraan listrik. Masalahnya harga jual tinggi tapi sebanding dengan tenaga dan daya jelajah gara-gara keterbatasan kapasitas baterei membuat masyarakat enggan membelinya.

Maka kunci memenangkan persaingan bukan sekedar menyediakan model yang menarik, melainkan menjawab kelemahan utama kendaraan listrik itu. Toyota Motor Corp yang pernah berjaya dengan Prius mengajak empat perguruan tinggi terkemuka Jepang untuk menanggapi serius masalah tersebut.

"Lithium-ion adalah teknologi kunci kendaraan listrik. Ada kebutuhan mendesak meningkatkan teknologi dan kinerjanya lebih baik," Hisao Yamashige, seorang peneliti teknologi baterai di Toyota, dalam media briefing di Tokyo.

Dikutip dari Reuters, raksasa otomotif asal Jepang tersebut mengumumkan rencana memproduksi kendaraan listrik dengan baterei berdaya tahan dan kapasitas lebih baik. Tim riset Toyota tidak muluk-muluk menetap target yang harus mereka capai dalam satu-dua tahun ke depan, hanya 15 persen lebih besar dari yang terbesar saat ini.

Baterei baru ini nanti akan Toyota sematkan ke semua varian kendaraan bermesin listrik, plug-in hibrida listrik serta hibrida bensin-listrik konvensional. Generasi terbaru Prius Prime yang diluncurkan pada 2020 menjadi mobil plug-in hybrid listrik pertama mendapat baterei baru tersebut.

"Kami bekerjasama dengan beberapa laboratorium dan empat perguruan tinggi mengembangkan baterei lithium-ion yang kapasitasnya lebih besar dan tidak gampang panas," sambung Yamashige.

 


(LHE)