6 Gerbang Tol Berlakukan Pembayaran Elektronik Multibank

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 10 Nov 2016 14:22 WIB
tol
6 Gerbang Tol Berlakukan Pembayaran Elektronik Multibank
Gerbang Tol Cengkareng (MI - M SOLEH )

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama operator jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, melaksanakan implementasi pembayaran elektronik multibank Himpunan Bank Negara (Himbara). Kebijakan itu melibatkan Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN di Jalan Tol dalam kota dan Jalan Tol Soedijatmo mulai 10 November 2016.

Kebijakan ini dibuat sebagai cara untuk menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT) yang dicanangkan Pemerintah. Cara itu diyakini bisa mempercepat transaksi serta mengurangi antrian di gerbang tol.

Pemberlakuan awal implementasi pembayaran elektronik multibank baru diberlakukan di 6  Gerbang Tol (GT), yaitu GT Halim, GT Cililitan, GT Kapuk, GT Cengkareng (Khusus GTO), GT Tanjung Priok 1, dan GT Tanjung Priok 2.

Selanjutnya, implementasi pembayaran elektronik multi bank akan berlaku di seluruh jalan tol dalam kota dan jalan tol Soedijatmo. Kebijakan itu dilakukan secara bertahap hingga akhir November 2016.

Hingga bulan September 2016, volume pembayaran dengan transaksi elektronik di Jalan Tol dalam kota dan Jalan Tol Soedijatmo sebesar 31.83 persen. Nantinya, angka itu diharapkan bisa meningkat seiring sinergi Badan Usaha Jalan Tol dengan Himbara. 

Untuk melakukan pengisian ulang (top up) e-Toll bisa dilakukan di ATM bank terkait. Selain itu juga dapat dilakukan di beberapa toko retail, seperti Indomaret dan Alfamart.


(HIL)