Mobil Unik

The Beast Rasa SUV Jadi Mobil Baru untuk Trump

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 18 Nov 2016 14:23 WIB
mobil baru
The Beast Rasa SUV Jadi Mobil Baru untuk Trump
The Beast berbasis SUV dari Cadillac. Daily Mail

Metrotvnews.com: Donald Trump sudah terpilih sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat. Meski belum sah menjabat sebagai Presiden, Trump sudah membuat putusan kontroversi. Salah satunya putusannya untuk tidak mau menggunakan mobil kepresidenan bekas Obama yang sudah digunakan sejak 2009.

Selama menjabat sebagai Presiden AS, Obama tak masalah menggunakan mobil kepresidenan berbentuk limusin. Mobil itu didasarkan pada basis Cadillac DTS, dengan sasis dan kabin yang sudah diubah. The Beast dilapisi pintu setebal 8 inci, lalu menggunakan ban dengan teknologi run-flat yang menggunakan material kevlar, hingga kaca anti-peluru dengan tebal minimal 0,5 inci. 

Mobil ini dibekali dengan mesin V8 8.1-liter dan memiliki bobot hingga sembilan ton. Mobil kepresidenan Obama bisa seberat itu karena keberadaan bodi baja.  

Trump berbeda. Ia lebih suka mobil kepresidenan dengan rasa sport utility vehice (SUV). Seperti dikutip Daily Mail, mobil kepresidenan Trump tetap bernama The Beast dan masih buatan Cadillac. Namun SUV tersebut dilengkapi sejumlah sistem pengamanan canggih untuk melindungi Trump. Menurut rencana, mobil ini akan dirilis awal 2017.

Mobil ini sedang diuji di jalanan umum dengan berbungkus stiker kamuflase. Kabarnya, General Motors mengeluarkan biaya hingga 1,5 juta dollar (sekitar Rp20 miliar) untuk mengembangkan mobil ini.

Wajar jika mobil tersebut sangat mahal. Pasalnya, seluruh body mobil dilapis baja tebal dengan perlindungan dari ranjau, senjata kimia, dan biologi. Selain itu, SUV tersebut juga dilengkapi dengan tabung oksigen, seluruh kaca dibuat antipeluru, dan ban dilapis kevlar.


(HIL)