GTC4Lusso T, Family Sportcar dari Ferrari  

Ekawan Raharja    •    Kamis, 17 Nov 2016 16:15 WIB
mobil baru
GTC4Lusso T, <i>Family Sportcar</i> dari Ferrari   
Ferrari belum memproduksi GTC4Lusso T versi setir kanan hingga saat ini. (MTVN - Ekawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ferrari Jakarta mulai menjual GTC4Lusso T. Ferarri memang identik sebagai produsen untuk supercar. Namun anomali berlaku untuk GTC4Lusso T. Ini adalah family sportcar pertama dari Ferrari.

"Keunggulan mobil ini adalah 4-seaters. Ini merupakan varian pertama 4-seaters bermesin V8 dari Ferrari,” ujar CEO Ferrari Jakarta, Arie Christopher di Dharmawangsa Hotel Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Menilik dari dimensi, GTC4Lusso T memiliki panjang 4.922 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.383 mm dan jarak wheelbase 2.990 mm. Sportcar asal Italia ini memiliki berat 1.865 kilogram dengan kapasitas tangki bahan bakar 91 liter.

DNA Ferrari tetap terasa kental di mobil bermodel hatchback dengan dua pintu tersebut. Buktinya, lekukan garis masih menunjukkan kesan sporty yang menjadi ciri khas Ferrari.

Kesan sporty juga bisa dilihat dari grill panjang dan dipadukan dengan kap mesin yang di desain merunduk. Di bagian samping terdapat kisi-kisi udara seperti ingsang ikan. Sedangkan desain kaca dibuat menyesuaikan desain lekuk body



Sementara itu, kesan sporty di belakang bisa dilihat di bagian difusser dengan empat lubang knalpot. Kesan gagah makin terlihat di mobil ini karena ditunjang dengan pelek berukuran 20 inci, dengan balutan ban Pirelli berukuran 245/35 di bagian depan, dan 295/35 di belakang.



Mengintip ke interior. GTC4Lusso T mengusung desain dual cockpit. Para penumpang juga akan ditemani dengan sebuah layar sentuh pintar HD berukuran 10,25 inci.



Soal dapur pacu, kompetitor Porsche Panamera ini dibekali mesin Engine of The Year 2016. Mesin yang dimaksud adalah 3.900 cc berkonfigurasi V8 yang sanggup memuntahkan tenaga 610 daya kuda dengan torsi 760 Nm.

"Karakteristik mesin V8 turbo ini sangat cocok untuk mengemudi sehari-hari di wilayah perkotaan,” kata Arie.

Mobil ini memang ramah untuk dikemudikan. Namun GTC4Lusso T sanggup berakselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) dengan tempo 3.5 detik. Bahkan kecepatan puncaknya tembus 320 kpj.

Kunci untuk menjinakkan si kuda jingkrak satu ini adalah mengaplikasikan fitur 4WS (rear-wheel steering) yang diintegrasikan dengan side slip control (SSC3). Teknologi ini meningkatkan respons roda kembali ke posisi semula saat menikung dengan cepat.

Kemudian performa longitudinal di model baru ini telat ditingkatkan di kecepatan rendah dengan Variable Boost Management dan ditegaskan oleh respons katup penutup dengan zero turbo lag. Berkat variable torque curves (VBM) antara gigi 3 dan 7, akselerasi longitudinal konsisten melalui rasio yang meningkat dengan mudah menghasilkan akselerasi progresif yang kuat.

Saat ini GTC4Lusso T sudah dapat dipesan di Ferrari Jakarta. Namun konsumen harus menanti model ini selama 6 sampai 10 bulan untuk bisa memiliki mobil tersebut. Pasalnya, Ferrari belum memproduksi GTC4Lusso T versi setir kanan hingga saat ini.


(HIL)