Mobil Bermasalah

Selain Rem, Masalah Transmisi juga Pernah Hampiri Fortuner

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 06 Dec 2017 08:09 WIB
toyota
Selain Rem, Masalah Transmisi juga Pernah Hampiri Fortuner
Transmisi Fortuner sempat dikeluhkan pengguna karena kasar. Dok. MTVN

Jakarta: Kasus pengguna Toyota Fortuner yang menempeli mobilnya dengan stiker ungkapan kecewa menjadi pembicaraan hangat beberapa hari ini. Banyak netizen yang membagikan foto mobil itu lewat akun media sosialnya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah merespon dan bertemu dengan pemilik mobil. Sang pemilik mengeluhkan masalah pada rem Fortuner VRZ miliknya, sayang tak ada detail lebih lanjut keluhan seperti apa yang dirasakan.

Namun keluhan pengguna Fortuner terbaru ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, ada juga pengguna yang mengeluhkan transmisi mobil ini bermasalah, dengan perpindahan gigi transmisi yang kasar. Tapi tak sampai menempeli mobilnya dengan stiker.

Keluhan soal transmisi ini pertama kali ditemukan di Filipina. Saat itu, Fortuner yang beredar merupakan produksi Indonesia. Kasus itu pun akhirnya juga menyerang pengguna Fortuner di Indonesia. (baca: transmisi Fortuner bermasalah). 

Seorang pengguna di Bogor sampai beberapa kali mendatangi bengkel resmi untuk mengatasi masalah transmisi SUV diesel tersebut. Hingga akhirnya sampai dilakukan penggantian transmisi assy, karena masih masuk masa garansi. (baca: transmisi bermasalah di Indonesia).

Saat itu Vice President Director TAM, Henry Tanoto menyampaikan pihaknya sudah menerima keluhan tersebut, dan sudah melakukan improvement. Namun tidak ada recall terkait masalah transmisi ini.

Tentang masalah rem yang terjadi beberapa hari lalu, memang sangat kasuistis. Tak bisa dianggap kerusakan massal, lantaran hanya terjadi dalam 1 unit produksi saja. Itu pun dikatakan sebagai bawaan produksi pabrik. Semoga ini menjadi problem terakhir mobil SUV yang cukup laris di pasar otomotif nasional itu.


(UDA)