MobiL Baru

Maserati Levante, Mainan Baru Orang Kaya Indonesia

Ekawan Raharja    •    Senin, 11 Dec 2017 14:50 WIB
maserati
Maserati Levante, Mainan Baru Orang Kaya Indonesia
Maserati Levante sudah bisa dipesan di dealer resmi Maserati di Indonesia. MTVN/Ekawan Raharja

Jakarta: Maserati Indonesia akhirnya menambah lini produk mereka dengan Levante. Mobil ini merupakan satu-satunya model sport utility vehicle (SUV) yang ditawarkan Maserati Indonesia.

Nama Levante diambil dari nama angin hangat yang berhembus di Meditariania. Sudah pasti produk Levante yang dipasarkan di Indonesia juga diproduksi dari pabrik Maserati di Italia.

"Semua komponen yang ada di Levante diproduksi di Italia. Jadi ini buatan Italia," ucap General Manager Maserati Indonesia, Donny Makalew, Senin (11/12/2017) di Fairmont Hotel Indonesia.

Menilik bongkahan besi di balik kap mesin, terbaring mekanis penggerak 3.000 cc twin-turbo V6 bertenaga 430 daya kuda dan torsi 580 Nm. Mereka mengklaim konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 9,1 kilometer per liter.

Membahas soal akselerasinya, 0-100 kilometer per jam bisa ditempuh di 5,2 detik. Sedangkan kecepatan tertinggingnya bisa menyentuh 264 kpj.

Tenaga tersebut disalurkan ke seluruh roda melalui gearbox ZF 8-percepatan. Penggunaan sistem penggerak all wheel drive (AWD) dikarenakan Maserati merancang mobil ini untuk bisa bergerak di jalur on road maupun off road. Secara keseluruhan pengemudi bisa memilih mode berkendara normal, sport, ice, dan off road.

Kemudian membahas fiturnya, segudang fitur untuk menunjang kenyamanan, keamanan, dan keselematan berkendara sudah disematkan. Sebut saja Adaptive Cruise Control dengan fungsi Stop & Go, Forward Collision Warning dan Brake Assist System, Lane Departure Warning, kamera Surround View, display Touch Screen berukuran 8.4 inci dengan control putar terbaru, serta fungsi AHA, sebuah penambahan di fitur Maserati Touch Control Plus yang memperluas radio digital AM, FM, dan DAB.

Maserati tidak mengumumkan berapa harga jual mobil ini karena tergantung dengan personalisasi. Hanya saja beberapa situs otomotif di luar negeri menyebutkan harga basic Levante sampai USD75 ribu atau sekitar Rp1 miliar. Levante harus berebut kue di pasar mobil SUV premium bersama Range Rover Sport, Porsche Cayenne, BMW X6, dan Mercedes-Benz GLE Coupe.

Konsumen sudah bisa memesan Levante di dealer resmi Maserati di Indonesia. Nantinya mobil ini bakal ada personalisasi setelah konsumen melakukan pemesanan. Sementara estimasi waktu pengerjaan sekitar 6 bulan.


(UDA)