Komponen Autonomous

Google Patenkan Teknologi Pendeteksi Mobil Polisi dan Ambulan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 08 Sep 2016 10:13 WIB
teknologi otomotif
Google Patenkan Teknologi Pendeteksi Mobil Polisi dan Ambulan
Google menciptakan teknologi yang dapat mendeteksi mobil polisi dan mobil ambulan. Google

Metrotvnews.com: Google terus menunjukan keseriusannya untuk menciptakan mobil tanpa supir atau mobil otonom. Baru-baru ini perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut mematenkan teknologi pendeteksi mobil polisi dan ambulan.

Dikutip dari Dailymail, teknologi ini menyediakan sistem yang dapat mendeteksi dan merespon kendaraan-kendaraan dalam kondisi darurat. Sehingga mobil ini sanggup menghindar dari lajur mobil polisi atau kendaraan darurat lainnya.

Sistem ini bekerja dengan mengidentifikasi cahaya yang dihasilkan oleh sumbernya, apakah cahaya tersebut statis atau dimmed (kelap-kelip). Dalam hal ini, sensor akan diatur untuk mendeteksi lampu merah dan biru, seperti yang biasa digunakan oleh kendaraan darurat.

Tak hanya itu saja, sensor ini dapat mengidentifikasi jarak sumber lampu, sehingga dapat memprediksi jarak mobil. Jika mobil sudah mendekat maka, mobil akan menepi atau mengambil jalur lain untuk memberikan jalan kepada mobil darurat tersebut.

Meski sudah dipatenkan, namun Google belum memberitahukan teknologi ini akan digunakan untuk mobil apa. Tapi indikasinya bakal digunakan untuk mobil otonom. Karena mobil teknologi ini dapat menunjang mobil tanpa supir tersebut.


(UDA)