Teknologi Otomotif

Nvidia pun Berbisnis Teknologi Autonomous

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 28 Jun 2017 08:23 WIB
volvo
Nvidia pun Berbisnis Teknologi <i>Autonomous</i>
Nvidia dalam ajang Electronic Entertainment Expo 2017 di Los Angeles, California, AS. REUTERS/ Mike Blake

Metrotvnews.com: Nvidia bukan nama baru bagi pehobi ngopres PC dan penggila games. Tetapi sangat asing di ranah otomotif yang akan digeluti produsen kartu grafis tersebut dengan mengembangkan perangkat lunak pendukung mobil berteknologi autonomos.

Sebagaimana dikutip dari Reuter, Selasa (27/6/2016), bisnis baru Nvidia Corps ini merupakan bagian kemitraannya dengan Volvo Cars dan Autoliv. Perusahaan berbasis di Amerika Serikat ini mengembangkan teknologi penginderaan-pencitraan untuk navigasi dan mengenali obyek di sekitar mobil serta mengantisipasi kemungkinan kecelakaan.

Hasil riset Nvidia akan melengkapi sistem operasi autonomous Autiliv untuk semua varian Volvo yang dipasarkan mulai 2021. Perangkat lunak autonomous ini bisa Autoliv jual ke produsen mobil lain. Aliansinya ketiga sepakat membentuk perusahaan baru bernama Zenuity.

Kemitraan antara Nvidia dengan Volvo sebenarnya telah berlangsung sejak tahun lalu. Volvo menggunakan teknologi Nvidia dalam sistem semi-autonomous yang dikembangkannya di Gothenburg, Swedia selatan.

Sepertinya kelak Nvidia akan menjadi pemain penting bisnis perangkat penginderaan autonomous. Sebab selain dengan perusahaan mobil milik Zhejiang Geely Holdings ini, kerjasama serupa juga Nvidia jalin dengan Mercedes-Benz, Audi dan Toyota.

Pesaingnya adalah produsen prosesor Intel yang digandeng BMW dan Bosch yang memperkuat Daimler. Pemain lain adalah Delphi Automotive yang berkoalisi dengan produsen ban Continental dan Mobileye dari Israel.

 


(LHE)