Regulasi Otomotif

Honda Pastikan Tak Ada Pergantian Komponen Jika Euro 4 Berlaku

Ekawan Raharja    •    Jumat, 21 Apr 2017 19:00 WIB
honda mobilregulasi otomotif
Honda Pastikan Tak Ada Pergantian Komponen Jika Euro 4 Berlaku
Honda pastikan tidak ada pergantian komponen jika standar emisi gas buang Euro 4 diberlakukan.

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan rencana untuk menaikan standar emisi gas buang dari Euro 2 menjadi Euro 4. Bahkan Honda Indonesia mengklaim bahwa mobil buatannya sudah bisa digunakan untuk mobil dengan standar emisi gas buang Euro 4.

Honda sejak beberapa tahun lalu sudah mengumumkan bahwa mobil-mobil produksi mereka bisa menggunakan standar Euro 4. Hal ini dilakukan oleh pabrikan berlogo H tersebut untuk mengantisipasi standar Euro 4 diberlakukan di Indonesia.

"Hampir semua mobil, kecuali Accord saya harus cek lagi," buka Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, Kamis (20/4/2017) di The Spoke Tangerang.

Saat ini pabrikan asal Jepang tersebut sudah mempersiapkan mobil-mobil produksinya di Indonesia dengan standar emisi gas buang Euro 4. Mereka membuat mobil yang bisa menenggak bahan bakar berkualitas Euro 2 dan juga kualitas Euro 4.

"Jika sudah diresmikan peraturannya, konsumen tidak perlu lagi keluar uang untuk upgrade atau menyesuaikan performa. Bisa langsung digunakan (bahan bakar dengan kualitas Euro 4), dan performa lebih baik karea konsumsi bahan bakar lebih baik."

Namun Honda juga hingga saat ini masih menunggu regulasi standar emisi gas buang Euro 4 di Indonesia. Terlebih hingga saat ini pemerintah belum menentukan spesifikasi Euro 4.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia sebelumnya telah mengumumkan akan segera memberlakukan standar emisi Euro4. Pemberlakuan ini sesuai amanat Peraturan Menteri (Permen) LHK No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O.

Pemberlakuan peraturan untuk standar emisi Euro 4 kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar bensin, mulai 10 Oktober 2018. Sedangkan untuk kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar diesel mulai diberlakukan 10 Maret 2021.


(UDA)