Transportasi Nasional

Jakarta Harus Prioritaskan Pengadaan Bus Listrik

Ekawan Raharja    •    Selasa, 31 Oct 2017 07:30 WIB
transportasi
Jakarta Harus Prioritaskan Pengadaan Bus Listrik
Pengunaan bus bertenaga listrik sudah mulai dikembangkan oleh berbagai produsen bus. Hyundai

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini kiblat otomotif dunia sedang mengarah kepada perkembangan kendaraan berbasis listrik. Indonesia pun harus bisa menyesuaikan dengan perubahan zaman, dan Jakarta tidak boleh tertinggal dalam penerapan kendaraan listrik.

Direktur Institute Transportasi, Milatia Kusuma, menjelaskan pemerintah Kota Jakarta sudah harus mulai mempersiapkan kendaraan listrik. Wanita energik ini juga menekankan bahwa pemerintah Kota Jakarta juga harus memperhatikan pengembangan kepada bus-bus listrik sebagai armada transportasi massal.

"Pengembangan mobil listrik juga jangan lupakan dengan bus listrik, karena bisa mengangkut lebih banyak orang. Bukannya melarang membeli kendaraan pribadi tetapi akan lebih baik jika pola pikir lebih kepada penggunaan kendaraan umum," ujarnya di Acara Teknik UI untuk Negeri yang berlangsung di Gandaria City.


Mercedes-Benz Citaro. Daimler

Bahkan Milatia juga menyarankan agar pemerintah Kota Jakarta mulai memikirkan bus listrik gandeng tiga. Hal ini dikarenakan untuk bisa menampung lebih banyak orang lagi ada dan bisa menjadi solusi kemacetan.

"Ini artinya untuk efisiensi ruang. Jadi bersamaan dengan kita efisiensi energi, kita juga lakukan efisiensi ruang sekaligus karena kemacetan sudah bukan permasalahan pemerintah tetapi permasalahan semua orang," ucapnya.

Tentu ini menjadi banyak pekerjaan rumah bagi Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan regulasi kendaraan listrik dan bus gandeng tiga, kemudian para insinyur teknik untuk bisa merancang bus listrik gandeng tiga yang efisien dan efektif, serta Pemerintah Kota Jakarta dan Transjakarta sebagai operator transportasi umum.

"Tantangan kita lebih besar yakni bagaimana mobilitas bisa menciptakan bus-bus listrik, karena busnya gandeng tiga tentu memerlukan tenaga yang lebih besar."

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno dengan yakin Jakarta siap menghadapi era kendaraan listrik. Menurutnya dia juga sudah memiliki fokus untuk pengunaan bus listrik sebagai transportasi umum.


Armada terbaru TransJakarta. Antara/Wahyu Putro

"Menurut saya nanti semuanya kita pastikan siap sembari jalan karena kita lihat ini butuh stasiun pengisian listrik, dan sebetulnya itu yang paling penting untuk kendaraan umumnya. Kendaraan umumnya menyumbang begitu banyak polusi," ujarnya.

Sayangnya pria yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha ini masih belum bisa menentukan kapan rencana ini bisa terlaksana. Karena ini butuh kordinasi dengan banyak pihak, khususnya Transjakarta sebagai operator bus umum.

"Saya tidak mau membebani Transjakarta tapi mungkin bisa ditanya Pak Daud Yoseph (Direktur Operasional TransJakarta), tapi kalau bisa mesinnya di kaji dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama karena masyarakat sudah lama sekali menunggu."

Pengunaan bus listrik sebagai transportasi umum bukanlah hal baru di dunia. Bahkan negara tetangga, Malaysia, sudah mengoperasikan beberapa bus listrik di berbagai trayek.


(UDA)