Pameran Otomotif

'Pesta' Kendaraan Komersil Perdana, Resmi Dibuka

Ekawan Raharja    •    Kamis, 01 Mar 2018 12:36 WIB
pameran otomotif
'Pesta' Kendaraan Komersil Perdana, Resmi Dibuka
Pameran otomotif GIICOMVEC resmi dibuka Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dan jajaran pejabat Gaikindo. medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selain menyelenggarakan GIIAS, kini memiliki pameran lain yakni Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018. Khusus untuk pameran ini menjadi pesta khusus ragam bentuk dan jenis kendaraan komersial.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menjelaskan kalau pameran khusus untuk kendaraan komersial merupakan yang pertama kali. Diharapkan dengan adanya pameran ini dapat merangsang penjualan kendaraan di Indonesia, khususnya kendaraan komersial.

"Merupakan kebanggan kami dapat mewujudkan komitmen menumbuhkan industri otomotif nasional, diantaranya dua gelaran otomotif. Kami merasa perlu menghadirkan acara ini yang diharapkan semakin mendorong kendaraan komersial di Indonesia," ucap Nangoi Kamis (1/3/2018) di JCC Senayan Jakarta.

Ketua II Gaikindo (Rizwan Alamsyah), Menteri Perindustrian (Airlangga Hartarto) dan Ketua Umum Gaikindo (Yohannes Nangoi), meresmikan pameran otomotif GIICOMVEC.

Berbeda dengan GIIAS yang lebih mengedepankan konsep hiburan, GIICOMVEC hadir dengan konsep lebih mengedepankan model business to business (B2B). Di sini akan menjadi tempat ajang bertemu pelaku industri yang mencari kebutuhan transportasi, antara produsen kendaraan komersial dan pengusaha.

Penyelenggara pameran berharap, acara ini dapat mendatangkan 300 calon pembeli. Sehingga konsep B2B dapat berlangsung dengan baik.

Total acara ini diikuti oleh 14 merek kendaraan komersial seperti Mitsubishi, Suzuki, Hino, Mercedes-Benz, Isuzu, Hino dan berbagai merek lainnya. Kemudian juga 18 peserta pendukung industri mulai dari komponen hingga karoseri.

Selain itu ada juga beberapa kegiatan seminar yang diselenggarakan berkaitan dengan transportasi umum, logistik, hingga berbagai hal lainnya. Bagi calon pembeli yang ingin melihat lebih mendalam mengenai kendaraan komersial tersedia pula demo area.

Secara keseluruhan acara ini akan berlangsung 1-4 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan mulai pukul 10.00-19.00 WIB. Pengunjung yang hadir tidak akan dikenakan tiket masuk untuk masuk ke area pameran, namun diwajibkan mengisi biodata untuk mendapatkan id card masuk ke dalam GIICOMVEC.


(UDA)