Industri Otomotif

BMW Siapkan Rp3 Triliun Buat Riset Kendaraan Listrk

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 28 Nov 2017 09:40 WIB
bmw
BMW Siapkan Rp3 Triliun Buat Riset Kendaraan Listrk
BMW siapkan dana besar untuk pusat pengembangan baterai. BMW

Munich: Kendaraan listrik saat ini mulai banyak dikembangkan dan diproduksi pabrikan otomotif. Komponen utama di kendaraan listrik ini adalah baterai, selain motor penggerak dan sistem lainnya.

BMW pun mengucurkan dana 200 juta euro atau berkisar Rp3,2 triliun untuk membangun pusat pengembangan baterai. Hal ini jadi bukti komitmen pabrikan bermarkas di Munich itu untuk kendaraan bertenaga listrik.

Pusat pengembangan baterai ini dibangun agar BMW bisa mengeksplor desain sel baterai, kedekatan dan teknologinya, sehingga kelak mereka bisa merakit baterai sendiri seiring kebutuhan yang meningkat.

Fasilitas ini nantinya juga bisa membantu untuk membuat motor listrik, transmisi, alat pengontrol dan baterai yang saling terhubung. Untuk saat ini BMW masih membuatnya secara terpisah.

Mereka berharap generasi terbaru drivetrain listrik akan muncul pada 2021. Menurut sejumlah sumber, tahun 2021 jadi patokan beberapa pabrikan untuk mengimplementasikan teknologi baterai yang solid dan mulai digunakan pada 2026.

Pusat pengembangan baterai ini tidak hanya berlaku untuk mobil-mobil listrik BMW kelak, namun juga untuk motor racikannya. Kelak kendaraan ini akan segera hadir di Indonesia.


(UDA)