Industri Otomotif

UD Truck Bangun Pabrik Rp39 M di Sunter

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 18 Oct 2016 18:59 WIB
industri otomotif
UD Truck Bangun Pabrik Rp39 M di Sunter
Perakitan UD Truck di plant 2 Sunter Jakarta. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk memenuhi kebutuhan domestik, PT UD Truck Indonesia bersama PT Gaya Motor membuka pabrik perakitan UD Truck model Quester, di plant 2, Sunter, Jakarta. Nantinya, Quester fokus ke pasar Asia, termasuk Indonesia.

Pabrik perakitan dengan nilai investasi sekitar USD3 juta (Rp39 miliar) ini untuk melayani berbagai aplikasi industri seperti pertambangan, konstruksi dan distribusi.

President Director UD Truck Indonesia, Valery Muyard menyebut pabrik modernisasi UD Truck yang sesuai dengan standar Volvo ini mampu memproduksi 200 unit per bulan. Namun, belum ada konten lokal pada tahap awal.

Presiden Direktur Gaya Motor, Ary Mariano menegaskan hal itu bukan berarti pasar Indonesia dilupakan. "Kehadiran UD Truck Quester sudah menunjukkan Indonesia sebagai pasar penting di Asia," kata Ary, Selasa (18/10/2016)

Gaya Motor sejauh ini telah menambah jumlah tenaga kerja serta investasi peralatan dan permesinan. Mereka mengklaim langkah itu sebagai cara untuk memenuhi standar dan spesifikasi proses perakitan. 

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Yan Sibarang Tandiele, berharap perakitan truk ini berdampak secara positif dalam jangka panjang. Setidaknya dapat berkontribusi terhadap perekonomian di indonesia.


(HIL)