Teknologi Otomotif

Infiniti VC-Turbo, Mesin Bensin Seefisien Diesel

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 14 Oct 2016 09:45 WIB
infiniti
Infiniti VC-Turbo, Mesin Bensin Seefisien Diesel
Mesin VC-Turbo bakal dipasangkan mulai 2018 mendatang. Infiniti

Metrotvnews.com: Brand mobil premium Infiniti merilis mesin terbaru pada gelaran Paris Motor Show 2016. Mesin anyar tersebut berkapasitas 2.000cc dengan menggunakan teknologi VC-Turbo (Variable Compression Turbo) untuk pertama kalinya.

VC-Turbo diklaim mampu menyesuaikan rasio kompresi di ruang bakar. Penyesuaian rasio kompresi terjadi karena menggunakan multi-link khusus yang bisa mengubah jarak stroke piston.

Nantinya, mesin secara otomatis mengatur rasio kompresi menyesuaikan dengan kondisi perjalanan dan input pengemudi berdasarkan injakan pedal gas. Rasio kompresi terendah di angka 8:1 dan tertinggi di angka 14:1.

Menurut Infiniti, rasio kompresi rendah adalah tipikal untuk mesin performa tinggi. Sedangkan rasio kompresi tinggi digunakan pabrikan untuk mencapai efisiensi bahan bakar lebih baik.

Hasilnya, mesin yang memiliki torsi besar dan efisiensi tinggi seperti mesin diesel modern akan tanpa emisi berlebih. Untuk performa, VC-Turbo yang hanya empat silinder juga disandingkan dengan output setara dengan mesin bensin enam silinder.

(Baca juga: Ekstra Fan dan Kipas Radiator Lemah Menyebakan Mesin Mobil Panas)

"Teknisi kami percaya terobosan mesin pembakaranakan dari teknologi variable compression ratio. Infiniti akan jadi yang pertama membawa teknologi ini ke pasar pada 2018," papar President of Infiniti, Roland Krueger.

Menariknya, mesin VC-Turbo sudah dikerjakan pabrikan Jepang tersebut sejak 1996. Artinya mereka sudah melakukan pengembangan selama 20 tahun.  Dalam rentang waktu itu, ada 100 mesin prototipe yang dibuat dan diuji coba hingga 30 ribu jam.

 



(HIL)