Industri Otomotif

Produsen Oli Siapkan Formulasi Khusus Menuju Euro4

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 08 Jun 2018 06:20 WIB
emisi kendaraan
Produsen Oli Siapkan Formulasi Khusus Menuju Euro4
Industri otomotif bersiap menyambut Euro4 Oktober mendatang. Dok. Medcom

Jakarta: Pemerintah telah menyepakati penerapan standar emisi Euro4 untuk mesin bensin pada 7 Oktober 2018. Produsen mobil dan motor pun bersiap-siap untuk melakukan perubahan terhadap produk buatannya agar memenuhi standar tersebut.

Selain itu ada pula produsen bahan bakar seperti Pertamina, yang sudah beberapa kali mengatakan mereka siap. Dan terakhir adalah produsen oli mesin, mereka sanggup mengikuti ubahan regulasi tersebut, seperti dikatakan Ivan Rastianto, Marketing Manager Evalube Lubricants.

"Kami siap untuk Euro4, tapi tentunya produsen mobil dan bahan bakar terlebih dulu, baru nanti kami mengikuti," katanya di sela buka bersama awak media beberapa hari lalu di kawasan Jakarta Selatan.

"Kita punya beberapa pemasok aditif dari luar yang sudah punya formula dengan spesifikasi khusus untuk Euro4, jadi itu bukan hal yang sulit," tegas pria ramah ini.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan peraturan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau mengenai standar emisi Euro4. 

Aturan ini rencananya akan mulai berlaku untuk bbm bensin pada 7 Oktober 2018, kemudian menyusul untuk mobil bermesin diesel pada tahun 2021 mendatang.


(UDA)