Mobil Klasik

Plymouth 1954 Cabriolet ini Satu-Satunya di Dunia

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 28 Dec 2017 18:15 WIB
mobil klasik
Plymouth 1954 Cabriolet ini Satu-Satunya di Dunia
Plymouth 1954 konsep hanya tersisa satu unit. Carscoops

Amerika Serikat: Era 50-an dikatakan sebagai kemajuan bagi industri otomotif Amerika Serikat (AS). Pasca Perang Dunia kedua itu sekaligus masa peralihan mobil yang menghasilkan beberapa mobil konsep fantastis.

Plymouth 1954 konsep salah satu contohnya, sebagai mobil klasik yang keren, yang dihasilkan oleh pabrikan mobil AS, Chrysler. Dengan bodi fiberglass di rangkanya, konsep itu pun disebut sebagai pesaing Belmont, Corvette dan Thunderbird pada masanya.

Sayangnya, di balik penciptaannya, Plymouth 1954 tidak berhasil masuk ke tahap produksi. Beruntung Wakil Presiden Desain Chrysler, Virgil Exner (pada masanya) berhasil menyelamatkan mobil dengan desain cantik itu.

Dikatakan, Plymouth 1954 tersebut adalah satu-satunnya contoh yang berhasil diselamatkan dari unit konsep Plymouth, sementara mobil konsep lain telah hancur. Sekarang, 60 tahun telah berlalu dan mobil berkelir meraih dan masih dinyatakan sebagai mobil konsep itu telah dipulihkan dengan rapi dan siap dikoleksi.

Menarik uga diperhatikan secara detail, lantaran di era tersebut Chrysler sudah mengusung mesin besar V8 4.0 liter, dan diklaim mampu menghasilkan tenaga 157 daya kuda berpadu transmisi otomatis tiga percepatan.

Hal tersebut menjadikan mobil itu sebagai salah satu barang istimewa yang masuk daftar lelang Barrett-Jackson. Rencananya mobil konsep klasik itu bakal ditawarkan di pelelangan Scottsdale, Januari mendatang, di mana kehadirannya akan membuat kolektor berkompetisi untuk mengkoleksinya.




(UDA)