Industri Otomotif

Pasokan Komponen Kurang, Jeep Liburkan Produksi Cherokee

Ekawan Raharja    •    Senin, 23 May 2016 10:00 WIB
jeep
Pasokan Komponen Kurang, Jeep Liburkan Produksi Cherokee
FCA menghentikan produksi Jeep Cherokee lantaran kekurangan komponen setir. Ultima Media - Jeep

Metrotvnews.com: FIAT Chrysler Automobil (FCA) selaku produsen Jeep menghentikan produksi Cherokee dan Grand Cherokee. Produksi kedua mobil berbadan bongsor tersebut dihentikan lantaran kurangnya pasokan komponen setir.

FCA meliburkan produksi Cherokee dan Grand Cherokee selama tiga hari (Rabu-Kamis) waktu setempat. Kemudian mereka kembali melanjutkan pekerjaannya pada Sabtu waktu setempat.

Menurut Autonews, komponen yang digunakan merupakan setir produksi dari key Safety System (KSS). Sampai saat ini, kSS belum memberitahukan alasan kepada kurangnya pasokan komponen bundar tersebut.

KSS merupakan 91 dari 100 supplier komponen terkemuka dengan nilai transaksi mencapai 525 Juta Dollar Amerika Serikat pada 2014 di Kawasan Amerika Utara. Perusahaan ini bermarkas di Michigan Amerika dengan pabrik berada di Mexico.

Kedua produk tersebut merupakan tulang punggung penjualan merek Jeep di Amerika Serikat. Bahkan hingga April 2016, penjualan Grand Cherokee mengalami peningkatan hingga 9,5 persen di negeri paman sam.

Penghentian produksi mobil karena pasokan komponennya kurang, bukan yang pertama kali terjadi. Saat gempa besar melanda Kumamoto, Jepang, pabrik komponen yang dimiliki Mitsubishi dan juga Lexus mengalami kerusakan. Mesin casting rusak dan menghambat pasokan komponen ke manufakturnya.


(UDA)