Safety Driving

Teknik Menyalip Mobil dengan Aman

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 08 Nov 2016 09:47 WIB
keselamatan berkendara
Teknik Menyalip Mobil dengan Aman
Pastikan tidak ada kendaraan di depan saat menyalip. Mrclutch

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkendara tidak hanya membutuhkan kemampuan. Kesabaran juga menjadi elemen penting. Sebab beragam kejadian di jalan sangat beraneka ragam yang bisa membuat pengemudi jadi kesal. Termasuk saat menemui situasi ingin mendahului/menyalip kendaraan lain.

Ada trik khusus agar tak menemui kendala ketika melakukan manuver tersebut. Menurut Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah, usahakan menaikkan putaran mesin minimal 3.000 rpm sebelum menyalip. Hal itu dilakukan agar mobil tidak kehilangan tenaga dan momen saat menyalip. Terutama di kondisi jalan menanjak.

Selain itu, beri tanda dengan menyalakan lampu sein agar kendaraan yang berada di belakang dan depan tahu Anda akan menyalip kendaraan. Dengan begitu, mereka dapat memberi ruang dan jarak aman. Jangan menyalip jika ragu atau bila Anda tidak yakin.

"Selalu perhatikan spion saat hendak menyalip. Hati-hati dengan blind spot yang merupakan area pandangan yang tidak terlihat oleh pengemudi," jelas Boy.

Menurut Boy, blind spot ini juga meliputi area persimpangan, tikungan, perumahan, jalan berbukit, area padat bangunan, kendaraan yang parkir di bahu jalan, area berdebu, dan area sekeliling yang tidak terlihat lainnya. Jadi hindari kondisi tersebut ketika hendak menyalip.


(HIL)