Mobil Baru

Keunggulan Pick-Up Kecil Daihatsu Hi-Max

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 11 Nov 2016 09:52 WIB
daihatsu
Keunggulan Pick-Up Kecil Daihatsu Hi-Max
Hi-Max hadir dalam dua varian. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Daihatsu menambah jajaran mobil komersial dengan merilis Hi-Max di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Kamis 10 November. Mobil pick-up yang notabene diposisikan sebagai adik dari Gran Max.

Lalu apa saja keunggulan mobil yang tersedia dua varian ini?

Mobil memiliki panjang 3.395mm, lebar 1.475mm dan tinggi 1.770mm. Sedangkan bak berukuran 1.935mm x 1.395mm x 285mm. Radius putar hanya empat meter. Cukup ringkas untuk ukuran mobil pick-up.

"Daya angkut mencapai 750 kilogram. Tapi karena pengguna tidak bisa mengukur beban bawaan, mobil ini masih bisa mengangkut beban hingga satu ton," papar Executive Officer Research & Development PT Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo, Kamis (10/11/2016).

Mobil ini juga dilengkapi snorkel. "Indonesia kadang dilanda banjir. Oleh karena itu, kami lengkapi mobil dengan snorkel dibagian belakang kabin. Posisi ini untuk melindungi mobil dari gelombang air yang timbul dari mobil arah berlawanan," sambungnya.

Mobil ini sudah diuji rendam dalam kolam air sedalam 60 centimeter. Air ketinggian itu membuat  rumah roda terendam. "Posisi busi dan aki sudah di bawah permukaan air. Tapi mesin masih hidup," ungkapnya.

Mesin yang diusung juga diklaim sudah teruji, tipe 1KR-DE, berkapasitas 1.000cc, DOHC, tiga silinder segaris. Tenaga mencapai 56,2 daya kuda @5.000rpm dan torsi menyentuh 85,3 Nm @4.000rpm. Mesin yang sama dengan Ayla.

Hi-Max tersedia dua varian, yakni standar dengan harga Rp95,3 juta. Lalu ada standar dilengkapi AC, power steering, dan sliding driver seat. Varian tersebut dibanderol  Rp103,3 juta. Pilihan warna hanya tersedia hitam dan putih.


(HIL)