Tips Hujan

Fitur Defogger di Mobil Bermanfaat Saat Musim Hujan

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 15 Nov 2016 14:22 WIB
tips dan trik teknologi
Fitur Defogger di Mobil Bermanfaat Saat Musim Hujan
Defogger berupa garis-garis cokelat dikaca belakang. Cartoq

Metrotvnews.com, Jakarta: Hujan terus turun di sejumlah wilayah di Indonesia pada saat ini. Berkaca dari hal tersebut, Anda sebaiknya menyiapkan peralatan yang memadai ketika harus berkendara dalam kondisi hujan. Salah satu peralatan penting pada momen ini adalah defogger.

Saat musim hujan,suhu lingkungan bisa menjadi lebih rendah. Hal ini menimbulkan embun (kondensasi) di kaca depan atau belakang. Nah, defogger cukup membantu untuk mengusir embun dari kaca mobil. 

Hampir semua mobil modern memanfaatkan udara yang dihembuskan dari ventilasi di bagian dashboard untuk menghilangkan embun di kaca depan  Menggunakan kipas yang juga digunakan untuk pengatur suhu kabin mobil.

Sedangkan model elektrik banyak dimanfaatkan di bagian kaca belakang. Garis-garis di kaca belakang mobil adalah defogger elektrik yang akan menghantarkan energi listrik / panas. Dengan begitu embun hilang.

Defogger akan sangat membantu. Terlebih mobil sedan yang tak memiliki wiper kaca belakang. Fitur ini pun tak perlu perawatan khusus. Cukup menjaga agar jangan sampai ada garis cokelat yang terputus.

Simbol defogger untuk kaca depan adalah seperti seperempat lingkaran dengan simbol tanda panah berbelok dari bawah. Sedangkan defogger untuk kaca belakang berbentuk kotak dengan tanpa panah berbelok dari bawah.


(HIL)