Teknologi Otomotif

Daimler dan Bosch Pamer Teknologi Parkir Mandiri

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 28 Jul 2017 13:25 WIB
bosch
Daimler dan Bosch Pamer Teknologi Parkir Mandiri
Parkir otomatis dikendalikan lewat ponsel pintar dan area parkir dari Bosch. Carscoops

Metrotvnews.com: Bersama dengan suplier otomotif terkemuka, Bosch, Daimler memamerkan teknologi parkir mandiri untuk mobil-mobil buatannya. Sistem ini dicoba di area parkir museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman.

Cara kerjanya mobil akan parkir sendiri, dikendalikan lewat aplikasi di ponsel pintar. Sebelumnya pengguna wajib memesan area parkir terlebih dulu.

Kemudian hentikan mobil di area drop off, tekan tombol perintah di ponsel pintar, maka mobil akan menuju area parkir yang sudah dipesan. Begitu pula sebaliknya, pengemudi hanya menunggu di area penjemputan saja.

Tentunya teknologi ini akan digunakan di sistem mobil otonom milik Mercedes-Benz, serta infrastruktur area parkir yang disiapkan oleh Bosch. Terdapat sensor untuk berkomunikasi dengan mobil diarea parkir tersebut.

Rencananya sistem ini siap digunakan 2018 mendatang, tapi sebelum itu Mercedes-Benz ingin terus mencoba dan menyempurnakan sistem ini, serta ingin melengkapinya dengan sertifikasi dari TUV Rheinland, sebagai petugas otoritas teknis.

"Kami mampu mencapai berkendara otonom lebih cepat dari yang diperkirakan. Parkir akan otomatis dimasa depan, dan kami akan mewujudkannya dalam waktu dekat," kata Head of Automated Driving & ACTIVE safety Mercedes-Benz, Michael Hafner.


(UDA)