Mobil Masa Depan

Smart Siapkan ForTwo Otonom

Ekawan Raharja    •    Kamis, 31 Aug 2017 13:26 WIB
smart
Smart Siapkan ForTwo Otonom
Smart Vision EQ Fortwo Concept akan tampil di Frankfurt Motor Show 2017. Smart

Metrotvnews.com: Smart bisa diibaratkan sebagai kolam tenang namun dalam. Bagaimana tidak, pabrikan asal Jerman ini ternyata diam-diam mengembangkan mobil otonom untuk ForTwo.

Smart bakal memamerkan Smart Vision EQ Fortwo Concept di Frankfurt Motor Show 2017. Mobil konsep ini akan menawarkan teknologi otonom atau swa kemudi yang dikombinasikan dengan tenaga listrik.

Menurut Carscoops, mobil konsep mungil ini merupakan implementasi dari mobilitas masyarakat urban masa depan. Mobil dengan teknologi otonom dan kendaraan listrik ini bisa digunakan sebagai alat transportasi umum.

Secara keseluruhan Smart Vision EQ Fortwo Concept merupakan mobil pertama Smart di bawah divisi EQ. Mobil ramah lingkungan ini juga termasuk ke dalam 10 proyek listrik Daimler yang akan diluncurkan mulai 2022.

"Smart Vision EQ Fortwo ini adalah visi kami dari mobilitas urban masa depan. Sebagai mobil dengan konsep berbagi yang radikal, sepenuhnya otonom, kemampuan komunikasi yang maksimal, bersahabat, sangat mungkin dipersonalisasi. Tentu bertenaga listrik," ungkap CEO Smart Annette Wingkler.

Sebagai mobil otonom, lingkar kemudi sudah tidak lagi diperlukan. Penumpang bisa menggunakan gawai atau fitur suara untuk mengendalikan mobil.

Kemudian berbeda dengan mobil konvensional, di dashboard tersemat layar sentuh berukuran 24 inci. Sedangkan di bagian luar terdapat dua layar kecil berukuran 4 inci.

Tenaga akan dipasok dari motor listrik dan baterai berukuran 30 kWh. Kemudian ketika mobil tidak sedang digunakan, Smart Vision EQ Fortwo bisa bergerak sendiri menuju stasiun pengisian daya listrik.


(UDA)