Industri Otomotif

Mesin Turbo Jadi Tren, Honda Bakal Hadirkan MPV Turbo?

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 16 Jun 2017 17:24 WIB
honda mobil
Mesin Turbo Jadi Tren, Honda Bakal Hadirkan MPV Turbo?
Mobilio bermesin turbo justru akan melambungkan harga jualnya. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Demi mengejar efisiensi, emisi rendah namun tanpa mengorbankan performa, mesin dengan turbo sudah mulai marak di Indonesia. Dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, performanya tak kalah dari mesin dengan kapasitas lebih besar tanpa turbo.

Honda tercatat sebagai pemain asal Jepang yang punya produk paling lengkap dari merek lainnya. Pabrikan berlogo H tegak ini memiliki mesin tersebut pada model SUV dengan All New CRV, sedan lewat Civic Turbo dan hatchback dengan Civic Hatchback Turbo.

Lantas apakah ada kemungkinan menghadirkan mesin turbo untuk mobil MPV macam Oddysey atau bahkan Low MPV seperti Mobilio? Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan hal tersebut bukan persoalan yang mudah.

"Mesin turbo menawarkan aspek fun to drive yang lebih tepat pada mobil SUV, sedan dan hatchback. Kemudian penggunaan mesin turbo yang lebih mahal juga akan ikut mengerek harga jualnya," katanya di sela media test drive Civic Hatchback Turbo beberapa waktu lalu.

Mesin turbo memang punya keunggulan menambah kesenangan berkendara, kemudian dari sisi perawatan lebih murah. Jangan lupakan juga pajak dengan mesin 1.500 cc jadi 10 persen, berbanding 20 persen untuk mesin 2.000 cc.

"Kompensasi harga mesin turbo yang mahal, ditutup dengan pajak yang lebih kecil, sehingga harga jual mobil-mobil bermesin turbo bisa mendapatkan angka yang baik," lanjutnya.

Jika dipasang di mesin kecil, maka harga mobil akan melambung karena tak ada kompensasi yang didapat. Saat ini mobil bermesin kecil dengan turbo di Indonesia ada Volkswagen Polo 1.200 cc, Chevrolet Trax 1.400 dan Ford Fiesta Ecoboost 1.000 cc yang tak lagi dijual.


(UDA)