Safety Driving

Waspadai Hal ini saat Pakai Roofbox di Mobil

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 06 Jun 2017 13:37 WIB
tips mobil
Waspadai Hal ini saat Pakai <i>Roofbox</i> di Mobil
Menggunakan roofbox, titik berat mobil berubah, mobil akan limbung kala menikung dengan cepat. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim mudik sebentar lagi akan tiba, masyarakat Indonesia akan menjalani ritual tahunan untuk berkumpul bersama sanak keluarga di kampung halaman. Tentu mudik akan membawa seabrek barang bawaan.

Begitu pula saat mudik menggunakan mobil, barang bawaan yang banyak itu kadang tak seluruhnya bisa ditampung dalam kabin karena sudah penuh dengan penumpang dan barang lain. Maka atap mobil menjadi lokasinya.

Atap mobil yang rata akan mampu menampung barang bawaan lebih banyak, jadi sisi positifnya. Namun justru ternyata banyak negatifnya, selain tak aman dari sisi safety driving.

"Bagian atap mobil akan lecet, belum lagi bagian yang jadi tumpuan tali pengikatnya. Habis mudik malah harus keluar biaya lagi untuk moles atau ngecat ulang," kata Hansisko, salah seorang pengguna mobil.

Kemudian, titik bobot mobil akan berpindah ke atas. Mobil akan limbung ketika menikung dengan kecepatan agak tinggi, apalagi barang yang diletakkan di atap mobil punya bobot berat.

"Dan ini memang harus memerlukan kesiapan kendaraan itu sendiri, seperti penggantian sokbreker lebih keras, meski biayanya mahal," ujar Rifat Sungkar, Founder Rifat Drive Lab yang juga pembalap nasional itu.

Rifat menyarankan, jika memang meletakkan barang di atap baik dengan diikat tali maupun menggunakan roofbox, maka jangan membuat angle steer terlalu besar saat di tikungan dan kecepatan menikung harus dikurangi.


(UDA)