TIps Knowledge

Jangan Operasikan Wiper Saat Kaca Kering

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 19 Mar 2018 10:25 WIB
tips knowledge
Jangan Operasikan Wiper Saat Kaca Kering
Kaca tergores gara-gara sapuan karet wiper. Autogeekonline

Jakarta: Wiper pada mobil merupakan salah satu bagian penting untuk membantu visibilitas saat berkendara. Tapi ada juga pengendara yang biasanya langsung menyapu kaca menggunakan wiper dalam kondisi kaca berdebu atau ada kotoran yang nempel.

Hal ini masih banyak dilakukan oleh mereka yang tidak ingin repot-repot membersihkan kaca mobil mereka saat bergegas untuk pergi. Mereka memilih menggunakan wiper saat kaca dalam kondisi kering, padahal dalam kondisi tersebut bisa membuat kaca baret.

"Biasanya para pengendara ingin membersihkan debu, kotoran yang melekat, atau ada bekas air yang mengering yang sudah tentu mengganggu penglihatan saat berkendara. Padahal penggunaan wiper saat kaca kering bisa membuat kaca baret dan membuat pemandangan menjadi bias saat terkena hujan," jelas Rangga salah satu pemilik bengkel di kota Serang, Banten.

Untuk menggunakan wiper saat kaca kering, bisa menggunakan washer fluid atau air wiper agar kaca menjadi licin dan mudah dibersihkan. 

Cairan washer fluid bisa menggunakan cairan khusus yang dapat dibeli di toko atau membuat campuran air dengan sabun, tetapi bukan sabun yang banyak mengandung busa seperti deterjen pakaian.

Tentu ini merupakan hal sepele namun menjadi penting untuk menjaga daya pandang saat berkendara. Dan pastikan untuk selalu berkendara dengan aman saat mengendarai kendaraan.


(UDA)