Industri Otomotif

Gaikindo Deklarasi Standar Euro4 Agustus Mendatang

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 23 May 2018 06:25 WIB
industri otomotif
Gaikindo Deklarasi Standar Euro4 Agustus Mendatang
Industri otomotif harus merakit mobil berstandar Euro4. Media Indonesia

Jakarta: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut positif berlakunya standar emisi Euro4 mulai Oktober 2018 mendatang. Mereka pun akan melakukan deklarasi Euro4 pada Agustus 2018.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan dalam konferensi pers sore kemarin di kawasan Senayan, Jakarta, mengatakan pihaknya akan deklarasi pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

"Sesuai permintaan pemerintah, semua kendaraan berbahan bakar bensin mulai 7 Oktober nanti harus menggunakan standar emisi Euro4. Ini akan kita deklarasikan di GIIAS nanti, dan ini akan sangat penting buat kita," jelasnya.

Yohanes menambahkan, saat pameran nanti akan ada diskusi khusus untuk membahas Euro4. "Ini salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles), yakni salah satu roh kita," ujarnya.

Itu artinya mulai Oktober mendatang, Indonesia akan melepas status sebagai salah satu negara yang masih berstandar Euro2 di ASEAN. Saat ini hanya tinggal Laos dan Myanmar saja yang masih menggunakan standar tersebut.

Jika untuk kendaraan bensin berlaku Oktober mendatang, maka untuk kendaraan bermesin diesel, standar Euro4 akan berlaku empat tahun kemudian, yakni tahun 2022. Sedangkan untuk sepeda motor, peraturannya belum disiapkan.


(UDA)