Pasal Mobil Nasional

All New Civic Turbo Dominasi Segmen Medium Sedan

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 14 Sep 2016 11:25 WIB
honda mobil
All New Civic Turbo Dominasi Segmen Medium Sedan
All New Honda Civic Turbo punya banyak fitur baru. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Segmen sedan memang tak semanis segmen multi purpose vehicle (MPV) dalam hal penjualan. Tak heran kalau pembaruan model rutin dilakukan produsen yang bermain di segmen ini untuk menarik minat konsumen.

Namun ketika ada produk baru, biasanya langsung menarik minat mereka pecinta segmen sedan. Hal ini terbukti terhadap All New Honda Civic Turbo. Sejak diluncurkan empat bulan yang lalu, mobil bermesin 1.500 cc ini telah menguasai segmen medium sedan, dengan pangsa pasar 53 persen dan total penjualan sebanyak 842 unit.

Pada Agustus sendiri penjualannya meningkat 132 persen dari bulan sebelumnya sebesar 146 unit. Pameran GIIAS serta tambahan varian Prestige jadi tambahan daya tarik Civic generasi kesepuluh ini.

Dari data GAIKINDO Agustus, mobil ini bersaing ketat dengan Toyota Corolla Altis. Penjualannya pun selalu unggul sejak awal kehadirannya. Secara total penjualan sampai Agustus, 842 unit berbanding 749 unit.

Selain desain bodi yang berubah total, daya tariknya adalah mesin 1.500 cc turbo miliknya. Tenaga puncaknya mencapai 170,6 daya kuda di putaran 5.500 rpm, muntahan torsi mencapai 220 Nm pada rentang putaran mesin 1.700-5.500 rpm.

Kalau dilihat dari spek mesin yang sudah menggunakan sistem turbo, tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi yang berminat meminangnya. Lantaran mobil di kelasnya, tak banyak yang mengumbar komponen turbocharged dengan harga yang cukup kompetitif.

Mengenai harga jual, Civic Turbo dibanderol Rp475 juta dan Civic Turbo Prestige Rp478,5 juta (on the road Jakarta). Keduanya hanya tersedia dalam transmisi otomatis CVT saja.


(UDA)