Akhir 2016, LCGC Semakin Diminati

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 25 Aug 2016 12:12 WIB
industri otomotif
Akhir 2016, LCGC Semakin Diminati
LCGC Daihatsu Sigra. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau atau low cost green car (LCGC) yang pertama kali diperkenalkan pada 2013, ternyata mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan LCGC kini menjadi salah satu mobil primadona di Indonesia.

Tercatat di paruh pertama 2016, mobil LCGC sudah terjual sebanyak 89.952 unit atau 16,9 persen total pasar. Kemungkinan, persentase ini semakin menguat di akhir 2016 karena ada produk LCGC baru, yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang belum lama ini diluncurkan.

Dengan begitu, Calya dan Sigra menambah jajaran segmen LCGC yang sebelumnya sudah ada Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda dengan Brio Satya, Suzuki dengan Wagon R dan Datsun yang menelurkan Datsun Go Panca dan Go+ Panca.

Tercatat untuk saat ini hanya ada dua LCGC yang masih bertahan dengan harga di bawah Rp100 juta, yakni Ayla tipe D transmisi Manual di angka Rp88,05 juta dan Datsun GO+ Panca seharga 94,6 juta.

Meski terlihat mirip, yang membedakan antara segmen citycar dan LCGC adalah kandungan komponen lokalnya. LCGC harus memiliki porsi kandungan lokal lebih banyak, dan saat ini sudah mencapai 80 persen.

"Sebenarnya untuk segmen LCGC itu tak ada beda dengan citycar. Makanya ketika segmen ini mulai dibuka dan kondisi perekonomian mengalami ketidakstabilan, maka ada pergeseran daya beli. Masyarakat bergeser dari citycar ke LCGC, toh barangnya kurang lebih sama," beber Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia, Hartanto Sukmono, di Jakarta beberapa waktu lalu.


(UDA)