Teknologi Otomotif

Dugaan Autopilot Bermasalah, Tesla Upgrade Software

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 13 Sep 2016 12:48 WIB
teknologi otomotif
Dugaan Autopilot Bermasalah, Tesla <i>Upgrade Software</i>
Tesla upgrade software 8.0 di Autopilot. Autoguide

Metrotvnews.com: Seringnya kecelakaan yang menimpa mobil listrik Tesla tahun ini, membuat perusahaan manufaktur mobil asal Amerika itu melakukan perubahan besar pasa fitur Autopilot. Yaitu meningkatkan kemampuan software versi 8.0 ke semua model.

Perubahan kali ini berbeda dengan kemampuan radar yang ditambahkan ke semua model Tesla pada Oktober 2014. Sebelumnya radar dimaksudkan hanya untuk melengkapi fungsi kamera pencitraan yang ada. Sekarang, dengan kemampuan software versi 8.0 yang telah dimodifikasi, fitur autopilot kini sangat tergantung pada pencitraan radar, saat mengambil alih kemudi.

"Setelah pertimbangan cermat, sekarang software versi 8.0 dapat digunakan sebagai sensor kontrol utama tanpa memerlukan kamera untuk mengkonfirmasi pengakuan citra visual," kata Tesla dalam sebuah pernyataan yang diposting ke website-nya, Minggu (12/9/2017).

Software 8.0 yang dimodifikasi ini dapat mengakses enam kali lebih banyak benda yang tertangkap radar, dengan informasi lebih per-objek. Kompilasi snapshot radar juga dapat membentuk gambar dunia 3D, yang memungkinkan autopilot lebih akurat memetakan jalan, serta membuat keputusan yang tepat di kemudi dan pengereman mobil.

Sistem lain yang ditambahkan di autopilot adalah fleet learning (pembelajaran armada). Fitur ini akan melihat setiap informasi pemetaan mobil yang di upload ke database Tesla. Sehingga setiap mobil dapat mengakses informasi tersebut. Informasi pemetaan ini seperti tanda-tanda jalan, jembatan, dan beberapa kendala di jalan yang memungkinkan setiap mobil dapat mengantisipasi dan tidak menimbulkan bahaya tabrakan.

Selain itu, Tesla juga menambah kemampuan radar di bagian depan kendaraan, sehingga memungkinkan mobil untuk melakukan pengereman secara otomatis, dalam situasi dan kondisi yang tak terduga bahkan dalam situasi nol visibilitas. Saat ini Tesla Autopilot sedang dalam pengawasan, akibat beberapa kecelakaan diduga melibatkan fitur ini. Meskipun sejauh ini belum ada bukti bahwa autopilot telah menjadi penyebab kecelakaan.


(UDA)