Teknologi Otomotif

Honda Bikin Mobil 3D Printed untuk di Jalan Sempit

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 17 Oct 2016 10:40 WIB
teknologi otomotif
Honda Bikin Mobil 3D Printed untuk di Jalan Sempit
Honda kembangnkan 3D Printed untuk mendesain mobil. Autoguide

Metrotvnews.com: Honda memutuskan bekerja sama dengan 3D printer Kabuku Inc. Honda ingin kerja sama ini menjadi alat untuk memperlihatkan nilai 3D printing dalam dunia otomotif. Dengan begitu, teknologi ini bisa dimanfaatkan serta membantu para produsen dalam mendesain sebuah mobil.

Kabuku dan Honda menghabiskan waktu sekitar dua bulan untuk mengembangkan dan menyelesaikan proyek ini. Nantinya, Honda menggunakan teknologi tersebut di CPS/IoT Exhibition CEATEC Jepang 2016. Panel bodi van ini didesain menggunakan 3D printed dan rencananya akan dipamerkan di exhibition tersebut.   

Mobil ini didesain khusus untuk Toshimaya. Sebuah perusahaan makanan yang membutuhkan van subkompak untuk digunakan sebagai mobil operasional. Nantinya, mobil itu digunakan untuk mengantar kue di sekitar Kamakura dengan kondisi jalan yang sangat sempit.

Mobil ini menggunakan beberapa platform variable Honda. Di antaranya komponen kunci dari kendaraan listrik, termasuk unit baterai, motor dan kontrol. Semua diposisikan bersama sehingga dapat dengan mudah digunakan sebagai dasar untuk kendaraan lain.

Sasis mobil dibangun menggunakan bahan yang kaku dan berdasarkan struktur rangka pipa ringan yang dikembangkan oleh divisi sepeda motor Honda. Bodi yang terlihat mungil ini memiliki panjang 2.495 mm, lebar 1.280 dan tinggi 1.545 mm, dengan berat yang mencapai 600 kilogram.

Untuk mengembangkan mobil listrik berdaya 15 tenaga kuda, Kabuku menggunakan 'Rinkak Mass Customization Solutions'. Teknologi itu menyediakan desain 3D yang cepat, mold-less 3D printing, dan jaringan pabrik untuk fabrikasi. Van perkotaan ini diklaim mampu menembus kecepatan tertinggi 70 km per jam dengan jangkauan tenaga listrik hingga 80 km.


(HIL)