Industri Otomotif

Brand Otomotif Tiongkok, 'Gerilya' di Pasar Pariwisata

Ekawan Raharja    •    Senin, 21 Jan 2019 06:33 WIB
industri otomotifDFSK
Brand Otomotif Tiongkok, 'Gerilya' di Pasar Pariwisata
DFSK membuka dealer baru di Bali. DFSK

Denpasar: Pemain baru di industri otomotif nasional yaitu DFSK, agresif membuka jaringan di berbagai wilayah di Indonesia. Mereka memang baru memasarkan satu produk mobil penumpang, namun sisi penjualan hingga layanan purna jual adalah hal penting bagi pasar di Indonesia. Termasuk memaksimalkan permintaan di segmen pariwisata Pulau Bali.

Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, menjelaskan bahwa pariwisata di Bali merupakan salah satu peluang yang cukup menjanjikan. Mengingat pariwisata merupakan sektor utama penggerak roda perekonomian masyarakat di pulau dewata.

"Pariwisata merupakan sektor utama penggerak ekonomi di Bali. Kami yakin pasar ini sangat potensial terutama untuk mobil-mobil dengan sejumlah fitur canggih dan modern yang ditawarkan, kualitas produk yang mumpuni," ucap Franz Wang melalui keterangan resminya.



Bahkan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, diberikan kesempatan untuk mengemudikan SUV rakitan Cikande, Banten, tersebut. Menurutnya kualitas yang ditawarkan dan harga yang terjangkau bisa menjadi peluang bisa diterima oleh masyarakat di Bali.

“Kesan dari saya yang biasa bermain otomotif, mobil ini bagus, harga terjangkau, dan saya senang komponen yang digunakan banyak menggunakan produk-produk Indonesia 60% dibuat di Indonesia. Kemudian untuk mesinnya, meski kecil hanya 1.500 cc tetapi tenaganya besar karena menggunakan turbo,” ucap Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Jaringan yang terletak di Jalan Imam Bonjol 126 Denpasar tersebut, sudah memiliki standar 3S (sales, service, dan spare part) yang menempati lahan seluas 400 meter persegi.



Dealer yang keagenannya dipegang PT Cahaya Surya Bali Inti Cemerlang ini akan mengembangkan jaringan dealer di kawasan Bali meliputi kota Denpasar, dan didaerah lainnya guna menjangkau lebih luas konsumen di area Bali. Kemudian DFSK mempersiapkan varian baru Glory 580 akan menambah pilihan kepada konsumen.

“Kami juga memperkenalkan tipe Glory 580 1,8 CVT Luxury Type yang akan tersedia di Bali mulai awal Bulan Februari,” tutup Franz Wang.

Langkah yang ditempuh DFSK ini, sebelumnya sudah dilakukan merek Tiongkok lainnya yaitu Wuling. Mereka bahkan lebih agresif lagi membuka jaringan di berbagai daerah. Mengingat segmen MPV memang jadi pasar terbesar di tanah air.


(UDA)